PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTEKSTUAL
Abstract
This study aims to: (1) develop and improve the lesson planning, (2) describe the implementation strategy of teaching paragraph writing, (3) describe how to evaluate learning to write a paragraph, (4) describe the increase the score of the paragraph writing skills of students through contextual approach.The method used in this research is Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles.The conclusion of this study are: (1) the lesson planning was developed through contextual approach, (2) the observation of the lecturer on the A2 class cycles 1, 2, and 3 are 1248 (enough), 1294 (enough), 1545 (good) and B2class are 1214 (enough), 1300 (enough), 1558 (good). A2 class students activities cycles 1, 2 and 3 are 9 (45%), 11 (55%), 20 (100%), B2 class are 8 (40% ), 12 (60%), 20 (100%).
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun dan memperbaiki perencanaan pembelajaran (2) mendeskripsikan strategi pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf, (3) mendeskripsikan cara mengevaluasi pembelajaran menulis paragraf, (4) mendeskripsikan peningkatan nilai keterampilan menulis paragraf mahasiswa melalui pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 3 siklus.Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Satuan Acara Perkuliahan (SAP) disusun melalui pendekatan kontekstual, (2) pengamatan terhadap dosen pada kelas A2 siklus 1, 2, dan 3 adalah 1248 (cukup), 1294 (cukup), 1545 (baik) dan kelas B2 adalah 1214 (cukup), 1300 (cukup), 1558 (baik). Aktivitas mahasiswa kelas A2 siklus 1, 2 dan 3 adalah 9 (45%), 11 (55%), 20 (100%), kelas B2 adalah 8 (40%), 12 (60%), 20 (100%).
Kata Kunci: bahasa Inggris, menulis paragraph, prestasi belajar,
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Harmer,Jeremy.1993. The practice of English Language Teaching. London. Longman Group
Heaton, J.B. 1991. Writing English Language Test. Longman. Handbook for
Language Teacher.
Jacob, Holly L. 2004. English Composition program: Testing ESL Compoosition A Practical Approach. London: Newbury House Publiser Inc.
Johnson, Elaine B. 2009. Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengassyikkan dan Bermakna. (Terjemahan) Bandung : Mizan Media Utama.
Mc.Taggart,R & Kemmis, S. 1990. The action Research Planner. Melbourne : Deakin University
Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Dirjen Dikdasmen
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan makna Pembelajaran Untuk Membantu memecahkan Problematika Belajar Mengarang. Bandung : Alfabeta
Sanjaya, Wina.2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suaharsimi. 2007. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Blogspot.Com/2013/09/Pengertian PTK menurut para html.
Smaldino, Sharon. E. 2011.Teaching and Learning at Distance: Foundation of Education (5th edition) Amazon.ca.
Wishon, George; Burks, Julia M. 2002. Les Write English. New York : AmericanBook Conpany
Refbacks
- There are currently no refbacks.