PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Rosita Wardani, Dwi Yulianti, Riswandi Riswandi

Abstract


The aimed of this study was to improve the quality of learning by analyzing and finding out accurately: (1) chemistry learning plan design focusing on redoks materials using problem based learning model, (2) process of chemistry learning, (3) assessment instruments at the end of the learning activity, and (4) improvement of learning outcomes in chemistry.This study was an action research with 3 cycle. Data were collected using observation and tests, and the quantitative descriptive analysis. The research result were : (1) the learning plan was made by initially determining student needs , followed by constructing learning objectives that measure the ability to solve the problems, (2) during learning, students observed activity is observed honestly, cooperation, discipline and curiosity (3) assessment instrument using a written test which the description of the instrument has been tested and the results are valid 0,77 and reliable 0,76 average difficulty level of items, and the distinguish power of items is well.

Penelitian bertujuan memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan: (1) rencana pembelajaran kimia materi redoks dengan model PBM (2) proses pembelajaran kimia yang tepat, (3) instrumen assessment di akhir pembelajaran, (4) peningkatan hasil belajar kimia.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tiga siklus. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, dan dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) pembuatan rencana pembelajaran diawali dengan kebutuhan belajar peserta didik yang belum memahami materi redoks, selanjutnya menyusun tujuan pembelajaran untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah pada materi redoks, (2) selama pembelajaran, aktifitas peserta didik yang diamati adalah kejujuran, kerjasama, disiplin dan keingintahuan, (3) instrumen assessment menggunakan tes tertulis uraian dengan validitas 0,77, reliabilitas 0,76, tingkat kesukaran sedang, dan daya pembeda soal baik.

Kata kunci: hasil belajar, kimia, model PBM


Full Text:

PDF

References


Amir, Taufik, M. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta : Prenada Media Group

Haryati, Mimin. 2010. Model dan Tekhnik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo

Karwono & Mularsih, Heni. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta : Cerdas Jaya

Mayurintha, Reby. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Way Lima Tahun Pelajaran 2011-2012 penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Bandar Lampung : Universitas Lampung

Rusman. 2012. Model - Model Pembelajaran. jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Siregar & Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Trianto.2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.