PENGEMBANGAN MODEL SINEKTIK MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
The research aims are : (1)The potentials and conditions of SMK in Metro, (2)process and steps, (3) the effectiveness, (4) the efficiency and (5) the attractiveness of the application of synectic model through social media in the vocational school of Metro city. The research was using research and development (R and D) aproach which held at SMK Kartikatama, SMK Negeri 3, SMK Muhammadiyah 1 in XI class of Computer Engineering and Networking majoring. Collecting data was using questionnaire, test then analyzed by t-test. The result were : (1) processes and steps in developing synectic teaching model involved media, material and instructional design experts, (2) the effectiveness was evidenced by 0,001 t count <t 0.95 (50) then H0 is rejected, (3) the efficiency was evidenced by the value learning efficiency ratio 1.00, and (4) the interesting was shown by the presentation score of the attractiveness test with amount 83.26%.
Tujuan penelitan adalah : (1) potensi dan kondisi SMK di Metro, (2) proses dan langkah-langkah, (3) efektifitas , (4) efisiensi dan (5) kemenarikan penerapan model pembelajaran sinektik menggunakan sosial media. Pendekatan yang digunakan penelitian dan pengembangan, dilaksanakan di SMK Kartikatama, SMK Negeri 3, SMK Muhammadiyah 1 pada kelas XI (sebelas) dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Data menggunakan angket, test kemudian dianalisis dengan paired t-test. Kesimpulan : (1) proses dan langkah-langkah pengembangan model melibatkan ahli media, materi dan desain pembelajaran, (2) efektivitas penggunaan model pembelajaran sinektik dibuktikan dengan 0,001 thitung < t 0,95(50) maka H0 ditolak, (3) efesiensi dibuktikan dengan nilai rasioefesiensi pembelajaran sebesar 1,00 , dan (4) penggunaan model pembelajaran sinektik dengan sosial media menarik digunakan dengan skor presentasi uji coba kemenarikan sebesar 83,26 %
Kata kunci : hasil belajar bahasa Inggris, sinektik, sosial media
Full Text:
PDFReferences
Buchori. 2007. Educational Research; An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman.
Degeng. 2007. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Kartono. 2006. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Munandar, Utami. 2009. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana
Sidi, Indrajati. 2003. Menuju Masyarakat Belajar Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Paramadina.
Suryaman. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Suatu Inovasi di Perguruan Tinggi (Tantangan Umum Pendidikan Tinggi) Dalam Jurnal Pendidikan IKIP PGRI Madiun. Volume 10, no 1, hlm 1-114. Juni 2004. (diunduh tanggal 2 Januari 2014)
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teorits-Praktis dan Implementasinya. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.