PENGARUH MINAT SISWA, KREATIVITAS, DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Agus Budi Utomo, Adelina Hasyim, Undang Rosidin

Abstract


Research purposes this is to analyze influence between interest students, creativity, level the utilization of learning, against results learn physics good haphazardly and together. Population in this research is whole class VII 6 class at below SMPN 2 bandar Lampung. The sample used technique proportional random sampling with total 50 students. Data collected by kuisioner and tests and analyzed with Regression. Research result obtained the a positive, closely and significant between: 1 interest students against lesson against results learn physics by a correlation coefficient 0,658; 2 ) creativity students against results learn physics by a correlation coefficient 0,730, 3 ) the utilization of learning against results learn physics by a correlation coefficient of 0,595 and 4 ) interest students lessons, against creativity students and the utilization of learn in together against results learn physics by a correlation coefficient of 0,734.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara minat siswa, kreativitas, tingkat pemanfaatan sumber belajar, terhadap hasil belajar Fisika baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 6 kelas pada di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah 50 siswa. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes dan dianalisis dengan persamaan regresi. Hasil penelitian diperoleh ada pengaruh yang positif, erat dan signifikan antara: 1) minat siswa terhadap pelajaran terhadap hasil belajar Fisika dengan koefisien korelasi 0,658; 2) kreativitas siswa terhadap hasil belajar Fisika dengan koefisien korelasi 0,730, 3) pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar Fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,595 dan 4) minat siswa terhadap pelajaran, kreativitas siswa dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Fisika dengan koefisien korelasi sebesar 0,734.

Kata kunci : kreativitas, minat siswa, sumber belajar


Full Text:

PDF

References


Abror, Abrurrahmah. 2003. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana

Yogya. Ahmad R. 2007. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A dan S. Widodo. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. 2003. Sikap Manusia Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barbara B. Seels, Rita C. Richey. 2004. Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gagne, Robert and Leslie J Briggs. 1989. Principles of Instructional Design. New York: Holt

Rinehart and Winston. Hamalik, 2002. Metoda Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamzah B.Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M. 2005. Menumbuhkan Kreativitas Anak. Jakarta:Cendekia

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Nanang, H. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Aditama.

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kencana. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Sardiman. 2004. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan,Cony. 2004. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta : Gramedia

Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Winkel,WS. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.