PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
The aim of this study was to improve the quality of learning by analyzing and finding out accurately: (1) biology learning plan design focusing on fungi materials using problem based learning model, (2) process of biology learning using Problem Based Learning model (PBL), (3) assessment instruments at the end of the learning activity, and (4) improvement of learning outcomes in biology.The method used in this study was an action research with 3 cycle.Data were collected using observation and tests, and the qualitative descriptive analysis was then used to analyze the collected data. Results of this study are: (1) the learning design was made by initially determining student needs who had not understood the material prerequisites of definition fungi, find the problem by constructing learning objectives that measure the ability to solve the problems, the fungi materials, and PBL strategies, (2) the learning process using PBL learning model increase the activity of learners in the learning.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan (1) desain RPP yang tepat (2) pelaksanaan pembelajaran biologi (3) instrumen asesmen diakhir proses pembelajaran yang tepat (4) peningkatan hasil belajar biologi materi jamur dengan model PBM. Metode penelitian yang digunakan ialah action research dengan subjek penelitian peserta didik kelas X1 dan X2 SMAN 1 Sungkai Barat. Hasil penelitian adalah: (1) desain perencanaan pembelajaran dengan sintak (a) orientasi peserta didik berdasarkan masalah,(b) mengorganisasi peserta didik untuk belajar, (c) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (d) guru menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yaitu; menjawab pertanyaan, mengikuti kegiatan pemecahan masalah, dan terlibat dalam penyajian hasil karya.
Kata kunci : biologi, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta
Haryati, Mimin. 2010. Model dan Tekhnik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mayurintha, Reby. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Way Lima Tahun Pelajaran 2011-2012 penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Bandar Lampung : Universitas Lampung
Rusman.2012. Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan cetakan ke-10. Jakarta: Kencana Premadia Group.
Smaldino, Sharon. 2011. Intructional Technology and Media for Learning. Jakarta : Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.