PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN MEDIA KERTAS DAN BERMAIN TEBAK GAMBAR

Handayaningrum Handayaningrum, Adelina Hasyim, Ni Nyoman Wetty S

Abstract


The purposes of the research are: 1) Describe the design of paper game as motoric skill development of children, 2) Describe the implementation of appropriate learning for the purpose of improving the motoric development, 3) Describe appropriate learning assessment system done through play for children, 4) Describe the increasing of motor skill development through playing paper. Classroom action research consist of three cycles with the following data are: in cycle 1, there are 2 children undeveloped, 13 less, 5 enough, there is no change in the cycle 2 and the cycle 3 there are 2 children less, 7 enough, 8 and 3 good excellent. The changes are influenced by lesson plan design, the diversity of play, a thorough assessment of processes and activities. In collecting data, the research uses observation, work task, documentation and analyzed descriptively. Conclusion of the research are: 1) Planning of learning is using a thematic approach, 2) playing process is utilizing paper and image card

Penelitian ini bertujuan: 1)Mendeskripsikan desain bermain kertas sebagai pengembanan motorik halus anak-anak, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang tepat untuk tujuan meningkatkan capaian perkembangan motorik halus, 3) Mendikripsikan sistem penilaian pembelajaran yang tepat dilakukan melalui bermain pada anak, 4) Mendeskripsikan peningkatan capaian perkembangan motorik halus melalui bermain kertas. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan terdiri dari 3 siklus dengan data sebagai berikut: Siklus I terdapat 2 anak belum berkembang, 13 kurang, 5 cukup, siklus II tidak ada perubahan dan siklus III terdapat 2 anak kurang,7 cukup, 8 baik dan 3 baik sekali. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh desain RKH, keragaman bermain, penilaian yang menyeluruh dari proses dan aktivitas. Pengumpulan data melalui observasi,hasil karya, dokumentasi dan dianalisa secara deskriptif. Kesimpulan penelitian adalah: 1)Perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik, 2) Proses bermain memanfaatkan kertas dan kartu gambar.

Kata kunci : belajar, bermain, motorik halus



Full Text:

PDF

References


Hurlock. 1978. Cetakan ke-15, Perkembangan Anak 2, Jakarta: Erlangga

Kementrian Pendidikan Nasional. 2009. Permendiknas No 58/2009; Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD, Yogyakarta: Laksana

Smaldino, et al. 2011. Instructional technology and media for learning. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Edisi sembilan. Alih Bahasa Arif Rahman. Jakarta : Kencana

Sujiono. 2011. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Indeks

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: Pedagogia

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Format PAUD, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.