PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI
Abstract
This research aimed to describe: 1) conditions and potential of instructional materials use now, 2) effectiveness,3) efficiency,and 4) attractiveness. Research approach used is research and development. This research was conducted at SMAN 13 Bandar Lampung SMAN 15 and SMAN 16 Bandar Lampung. Collection of data through observation, unstructured interviews, questionnaires and tests. Data were analyzed by descriptive statistics and n-Gain. The conclusion of this research are: 1) conditions of learning are still teacher centered, characteristics of student at the age of 15-17 years are less motivated to learn use learning resources textbooks. So the potential for development of teaching materials in modules. 2) Products modules effective with category index gain medium, average value of n-Gain experimental class 0.47 > control class 0.39. 3) The use of module efficient in learning, with efficiency values of 1.3. 4) The attractiveness of module in the category of attractive (88.21%).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) kondisi dan potensi bahan ajar yang ada dan digunakan saat ini, 2) efektivitas, 3) efisiensi, dan 4) kemenarikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 13 Bandar Lampung, SMAN 15 Bandar Lampung, dan SMAN 16 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan n-Gain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kondisi pembelajaran masih berpusat pada guru, karakteristik siswa di usia 15-17 tahun kurang termotivasi untuk belajar menggunakan sumber belajar buku paket. Sehingga berpotensi untuk dikembangkan bahan ajar berupa modul. 2) Produk modul efektif dengan kategori indeks gain sedang, rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen 0,47 > kelas kontrol 0,39. 3) Penggunaan modul efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan nilai efisiensi 1,3. 4) Daya tarik modul dalam kategori menarik (88,21%).
Kata Kunci: bahan ajar, modul, kesetimbangan kimia
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-1. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman Inc.
Chang, M. & Gilbert, J.K. 2009. Towards a better utilization of diagrams in research into the use of representative levels in chemical education. in: J.K.
Chittleborough, G. D. & Treagust D.F. 2007. The modeling ability of non-major chemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8:274-292.
Degeng, I Nyoman. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Degeng, Nyoman S.2000. Ilmu Pengajaran Taksonomi Vaeiabel. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Johnstone, A. H. 1982. Macro- and Micro-Chemistry, School Science Review., 227, No. 64. p. 377-379.
Karwono & Mularsih, Heni. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Ciputat: Cerdas Jaya.
Mahmud. 2012. http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2011/01/ pembelajaranmodul.html. [Online]. Diakses tanggal 27 Agustus 2014
Smaldino, Sharon, E. dkk. 2007. Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey Columbus: Pearson Merrill Prentice Hall.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Sunyono, dkk. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa SMA di Propinsi Lampung. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Dikti. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Yogya: Rineka Cipta 2.
Trianto .2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.