PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
This study aimed to analyze (1) conditions and potency of the school to develop teaching materials of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) module, (2) procedure to design module teaching materials, (3) effectiveness of PPKn module implementation.The collected data were then analyzed descriptively using t-test. Conclusions of this study are: (1) the conditions and potency of the school supported the development of the PPKn module because the students did not have their own teaching materials that guided them to study independently at home or in the school, (2) the developed PPKn module was validated by experts of media, materials, and learning design,
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) kondisi dan potensi sekolah untuk mengembangkan bahan ajar modul PPKn, (2) prosedur mendesain bahan ajar modul (3) efektivitas penggunaan modul PPKn,Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) kondisi dan potensi sekolah mendukung dikembangkannya modul PPKn karena siswa tidak memiliki bahan ajar sendiri yang menuntun siswa untuk belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah, (2) modul PPKn yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, materi, dan desain pembelajaran
Kata kunci : demokrasi, modul , ppkn
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakart : PT Raja Grafindo Persada
Borg, W.R. dan M.D. Gall.1983.Educational Research an Introduction.New York United States of America : Longman Inc.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rinekacipta
Miarso, Yusufhadi. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis TIK. Bandung: Alfabeta.
Prawiradilaga. 2008. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Reigeluth, C.M & Chellman, AC. 2009. Instructional Design Theories and Models Volume III, Bulding a Common Knowledge Base. New York : Taylor & Francis.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2002. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sungkono,dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition (Edisi kesepuluh). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.