EVALUASI PROGRAM INKLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yulia Eka Puspitasari, Budi Koestoro, Riswandi Riswandi

Abstract


The purpose of this study is to evaluate thema thematical learning of aspects of context, input, process and product in the learning of mathematics in high school Al- Huda Jatiagung.This method of this research is evaluation research by using approach Context, Input, Process, Product (CIPP). By means of collecting data questionnaire, observation, and documentation.The study population was the Principal, Vice Principal, Teachers, Students in clusion Sergeant parents of students in clusions. Samples taken by the proportional sampling.Data were analyzed by descriptive quantitative. The results showed: 1) the results of the evaluation of the results obtained unfavorable context (21.70) in the variable aspects of community support, good enough (12.50) on the cultural aspects of the teacher, and pretty well (13.35) on the aspects of leader support.; 2) Input evaluation results obtained quite good results (58.8%) in the aspects of infrastructure, good (14.4) on aspects of teacher resources, and moderate (58%) on aspects of student characteristics

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pembelajaran matematika dari aspek konteks, input, proses dan produk dalam pembelajaran matematika di SMA Al-Huda Jatiagung.Metode penelitian ini adalah penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan Context, Input, Process, Product (CIPP).Dengan alat pengumpul data kuesioner, panduan observasi, dan dokumentasi.Populasi penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa inklusi serta orang tua dari siswa inklusi.Sampel diambil secara propotional sampling.Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan: 1) hasil evaluasi konteks diperoleh hasil kurang baik (21,70) pada variable aspek dukungan masyarakat, cukup baik (12,50) pada aspek budaya guru, dan cukup baik (13,35) pada aspek dukungan pemimpin.; 2) hasil evaluasi input diperoleh hasil cukup baik (58,8%) pada aspek sarana dan prasarana, baik (14,4) pada aspek sumber daya guru, dan sedang (58%) pada aspek karakteristik siswa

Kata kunci : evaluasi program, inklusi, pembelajaran matematika


Full Text:

PDF

References


Alif, S. I. 2006. Sekolah Atlet Nasional. Laporan Tugas Akhir Jurusan Desain Interior. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima

Mulyani, Heni. 2009. Relasi Kekuasaan dan Respon terhadap Kebijakan Pendidikan, ( Kasus Studi Sekolah Dasar Inklusi Lebak Bulus 06, Jakarta). Thesis-Jurusan Antropologi. Universitas Indonesia. Depok.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pristiwaluyo, Triyanto, dkk. 2005. Pendidikan Anak Gangguan Emosi. Jakarta

Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami & Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Goysen Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.