PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MEDIA REALIA

Susi Anggoro Kasih, Adelina Hasyim, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


This research aims to: (1) design the implementation of lesson plan with media by using realia, (2) analyze the media by using realia in learning science, (3) analyze the evaluation system by utilizing media realia, and (4) analyzing the achievements of student learning through the use of media realia in learning science.The results showed that: (1) the lesson plan designed with student centered learning by leveraging media realia in observation and discussion groups the achievements and activities can increase student learning, (2) the use of realia sourced from media environment around student learning model can increase the learning activities of students in working for students worksheet, writing material that is important, ask questions, discuss, and expresses his opinion, (3) evaluation system with observation and tests are written in the form of subjective tests 10 grains.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan penggunaan media realia, (2) menganalisis penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA, (3) menganalisis sistem evaluasi dengan memanfaatkan media realia, dan (4) menganalisis prestasi belajar siswa melalui penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) RPP didesain dengan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memanfaatkan media realia dengan observasi dan diskusi kelompok, (2) Penggunaan media realia meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengerjakan LKS, mencatat materi yang penting, mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan mengemukakan pendapatnya, (3) Sistem evaluasi dengan observasi dan tes tertulis dalam bentuk tes subyektif 10 butir soal.

Kata kunci : IPA, media realia, prestasi belajar siswa


Full Text:

PDF

References


BSNP.2006. Model Silabus Mata Pelajaran IPA SMP.Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Derektorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Lanjutan Pertama. Pendekatan Kontektual. Jakarta : Depdiknas

Hamalik, O. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, A.2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Sanjaya,U.2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. CV. Bandung.Wacana Prima

Usman,U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.