PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

Maizar Arniansyah, Adelina Hasyim, Budi Koestoro

Abstract


This study aims to improve learning by analyzing and finding: (1) design lesson plans that can be implemented into thematic learning with RME learning model, (2) the process of thematic learning using learning model RME, (3) evaluation using RME learning model, and (4) improvement of learning outcomes. The method used is a classroom action research with three cycles. The subjects were teachers and learners in grade IV.The results of this study concluded: (1) lesson plan is designed using model RME curriculum scientific approach 2013, (2) the learning process can enable learners to pay attention to the teacher presentations, answering questions teachers asked and discussions, tasks, activities of teachers in preparing lessons , (3) evaluation instruments using written tests using problem description, the validity of 0.395. Reliability value 0.698, level of difficulty about being, about distinguishing good, and (4) the study of students who meet the KKM 77.78%, 47.74% affective, and psychomotor 61.1%.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan: (1) desain RPP yang dapat di implementasikan ke dalam pembelajaran tematik dengan model pembelajaran RME, (2) proses pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran RME, (3) pelaksanaan evaluasi menggunakan model pembelajaran RME, dan (4) peningkatan hasil belajar.Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV.Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) RPP didesain menggunakan model pembelajaran RME dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013, (2) proses pembelajaran dapat mengaktifkan peserta didik dalam memperhatikan presentasi guru, menjawab pertanyaan guru,bertanya dan diskusi, mengerjakan tugas, aktifitas guru dalam mempersiapkan pembelajaran, (3) instrumen evaluasi menggunakan tes tertulis menggunakan soal uraian, nilai validitas 0,395. Nilai reliabilitas 0,698, tingkat kesukaran soal sedang, daya pembeda soal baik, dan (4) hasil belajar peserta didik yang memenuhi KKM 77,78%, afektif 47,74%, dan psikomotor 61,1%.

Kata kunci: hasil belajar, realistic mathematic education, tematik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Gravemeijer, K. P. E. 1994. Developing Realistic Mathematic Education. Nederlands: Freudenthal Institute

Komariah. 2007. Model Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Realistik pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol V, No 7, April 2007.

Mulyanto, Respaty. 2007. Pendekatan RME untuk meningkatkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Negatif pada Pembelajaran Matematika di SDN Sukalerang 1 Kabupaten Sumedang. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan UPI.

Tendililing, Edy. 2007. Implementasi Realistic Mathematic Education di Sekolah. Jurnal Nasional UNTAN. Vol 25, No 3 (2010)

Widjaya Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Suatu Alterntif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Jogjakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.