PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERANTAI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Sutimin Sutimin, Adelina Hasyim, Undang Rosidin

Abstract


The purposes of this research were to improve learning by analyzing and finding: lesson plan, learning implementation, assessment, increase creative thinking. The place of research was at SMAN 1 Way Jepara.The results of this research teachers were able to design lesson plans through scientific approach to the final score of 4.11 on the first cycle, the final score of 4.22 on the second cycle, the final score of 4.28 on the third cycle; student learning activity increased from the first cycle to the third cycle of 8 active students, and teachers in the learning activity increased from the first cycle to the third cycle of 3.53; the results of the analysis of items on average each end of the first cycle to the third cycle of medium difficulty level (0.69).

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dengan menganalisis dan menemukan: rencana pelaksanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran; asesmen; peningkatan berpikir kreatif.Tempat penelitian di SMAN 1 Way Jepara.Hasil penelitian guru mampu merancang RPP dengan pendekatan saintifik hasil akhir siklus pertama skor 4.11, siklus kedua skor 4.22, siklus ketiga skor 4.28; aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus pertama sampai siklus ketiga sebesar 8 siswa aktif, dan aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat dari siklus pertama sampai siklus ketiga sebesar 3.53; hasil analisis butir soal rata-rata setiap akhir siklus pertama sampai siklus ketiga tingkat kesukaran sedang (0.69), daya beda cukup (0.46), validitas sangat tinggi (0.84), reliabilitas tinggi (0.89)

Kata kunci: berpikir kreatif, kooperatif, STAD berantai


Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Saputro, A. N. C., & Mulyani, S. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 66-71.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Chotimah, H. 2007. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Biologi dalam Pendekatan Kontekstual melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share pada Peserta Didik Kelas X-6 SMA Laboratorium Univer-sitas Negeri Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, 17(1).

Faiq, Muhammad. 2012. Pembelaja-ran Kooperatif Tipe STAD. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2012/05/pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-cara.html. Diakses hari senin 24 Maret 2014, Pukul 13.10 WIB .

Handayani, N. L. E. S., & Perdata, I. B. K. 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Presatsi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran QT dengan Kerangka Tandur dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(1).

Hariyanto, Fitri Anggraini. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengem-bangkan RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan Blooms Taxonomy Stages Pada Mahsiswa Semester VII FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendisikan Universitas Malang.

Hasan, I. 2011. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru MIPA Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1).

Hurlock, E.B. 1978. Child Development Sixth Edition. London: Mc-Graw-Hill, Inc.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Munandar, Utami. 2009. Pengem-bangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Reneka Cipta.

Nur, Muhammad.2002. Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktif dalam pengajaran. Surabaya : UNESA

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. 2011. Pembelajaran sains dengan pendekatan keteram-pilan proses untuk meningkat-kan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Utomo, N. C., & Primiani, C. N. 2009. Perbandingan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw dengan Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Biologi Kelas VIII MTsN Kembangsawit. Jurnal Pendidikan MIPA.

Wibowo, F. C., & Suhandi, A. 2013. Penerarepan Model Science Creative Learning (SCL) Fisika Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Ketrampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.