PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH ANTARA PEMBELAJARAN EKSPOSITORIS DAN BERBASIS MASALAH

Yulistia Dewi, Adelina Hasyim, Riswandi Riswandi

Abstract


The purpose of this research is to analyze: (1) the improvement of students achievement are taught by problem based learning (2) the improvement of students achievement are taught by expository learning, and (3) the difference students achievement are taught by problem based learning and expository learning.This research is use quasi experiment design method and the instrument of this research is use test. The population of this research is the student of Senior High School 1 Ambarawa X IIS grade that consist of four class and 120 students. The sample is determined by simple random sampling.The result of this research is: (1) there is the improvement of student achievement are taught problem based learning, for average 35,0 (2) there is the improvement of students achievement are taught by expository learning, for average 18,3 and (3) to increase achievement students to use problem basic learning more hight between students achievement that use problem based learning and expository learning.

Tujuan penelitian untuk menganalisis: (1) peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran ekspositoris, dan (3) perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan ekspositoris.Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa tes.Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS SMAN 1 Ambarawa yang berjumlah 120 siswa, terdiri dari 4 kelas.Sampel ditentukan secara simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji t.Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, rata-rata 35,0 (2) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran ekspositoris, rata-rata 18,3 dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositoris.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran ekspositoris, prestasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. P.T. Rineka Cipta: Jakarta.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Barrows, H.S. 1982. Problem Based Learning : A Research Perspective On Learning Interaction. Lawrence Erlbaum Associates. New York : Inc. Publishing Industrial Avenue.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pribadi, Benny A. 2009. Model-model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ.

Ridawati. 2011. Perbedaan Peningkatan Prestasi Belajar antara Metode Ekspositoris dan Berbasis Masalah Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SDN 12 Metro Pusat. Bandar Lampung : Unila.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S. dkk. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saptono, R. 2003. Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: CAFEO.

Senge, Peter. dkk. Alih bahasa oleh Hari Suminto. 2002. The Fifth Discipline Fieldbook. Batam: Interaksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2001. Pengembangan Kurikulum Teori dan praktek. Bandung: Rosdakarya.

Sumaatmadja, Nursid. 2000. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.