PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK

Andreas Yogi Santoso, Adelina Hasyim, Muhammad Sukirlan

Abstract


The purposes of this research were (1) to design lesson plan, (2) to analyze learning implementation, (3) to analyze learning evaluation system.This research was a class action research that was conducted in JHS of Tunas Mekar Indonesia. The result of this research were: (1) Lesson plan design using ASSURE design could produce good lesson plan for project based learning. (2) The learning process that could increase descriptive writing skill of the students was project based learning which included : observe, ask, collect the datas, process the data and communicate. (3) The evaluating system that was suitable for this research was planning evaluation, implementation evaluation and project evaluation (contain, organization, vocabulary, grammar and mechanics).

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) merancang rencana pembelajaran, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran, (3) menganalisis sistem evaluasi pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Tunas Mekar Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) rencana desain Pembelajaran menggunakan desain ASSURE (menganalisa peserta didik, menentukan tujuan pembelajaran, Memilih Media dan Bahan, Memanfaatkan Media dan Bahan, Partisipasi siswa dan Evaluasi serta Ulasan) bisa menghasilkan rencana pembelajaran yang baik untuk pembelajaran berbasis projek. (2) Aktifitas yang bisa mengembangkan kemampuan anak adalah aktifitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / eksperimen, mengolah informasi dan mengkomunikasikan (5M). (3) Sistem evaluasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah isi, organisasi, kosakata, tata bahasa dan mekanisme

Kata kunci: evaluasi, menulis deskriptif, dan pembelajaran berbasis projek


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Brown, H. Douglas. 2000. Teaching of Language and Teaching. New York. Longman.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djaramah, 2000, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta, Jakarta.

Heaton, J.B. 1983. Writing English Language Tests. Longman Gr: Singapore

Ibrahim, Muslimin, dkk, 2005, Pembelajaran Kooperatif, UNESA Press, Surabaya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Molenda, Heinich, Smaldino. 2005. Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey: Pearson Education Inc.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.