EVALUASI KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
This study aims to evaluate the performance of teachers in the elementary schools in Learning in Natar South Lampung regency , specifically to analyze : (1) the school environment, the vision and the mission of the school, the support of the leadership in implementing learning and development of curriculum conducted at school, (2) the availability of facilities and infrastructure of learning , human resource competencies, educational qualifications and knowledge of teachers in learning , (3) the ability of teachers in designing of learning , implementing of learning and evaluation of learning. The population of the research were all teachers of high Indonesian Language subject of elementary school in Natar sub-district of South Lampung regency totaling 104 people . This was supported by the findings from : 1) Context Components of 68 % with good category. 2 ) Component Inputs of 62.6 % with good category
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, yang secara khusus untuk menganalisis: (1) lingkungan sekolah, visi dan misi sekolah, dukungan pimpinan dalam melaksanakan pembelajaran, dan pengembangan kurikulum yang dilakukan di sekolah, (2) ketersediaan sarana dan prasaran pembelajaran, kompetensi SDM, kualifikasi pendidikan dan pengetahuan guru dalam pembelajaran, (3) kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia kelas tinggi Sekolah Dasar di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan yang berjumlah 104 orang. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan mencapai kategori baik dengan perolehan nilai 60,69%. Hal ini didukung dengan temuan dari: 1) Komponen context sebesar 68% dengan katagori baik. 2) Komponen input sebesar 62,6% dengan kategori baik
Kata Kunci : evaluasi, kinerja guru, pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S dan Jabar CSA. 2007. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi praktisi Pendidikan. Sinar Grafika Offset. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
--------, 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Stufflebeam, Daniel L & Anthony J. Shinkfield. 1986. Systematic Evaluation ; A Self Instructional Guide to Theory and Practice, Kluwer Nijhoff Publishing.
--------. 2003. The CIPP Model for Evaluation: the Article Presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN) 3 October 2003(online).(http://www.wmich.edu, diakses 23 Oktober 2009).
Farida Yusuf Tayibnafis. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian Rineka Cipta. Jakarta.
Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta CV. Eko Jaya, 2005 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
Usman, Uzer, 2002. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.