PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN BERBASIS MASALAH
Abstract
The purpose of this study is to describe: (1) the interaction between the students achievement using contextual learning model and problem based learning model with different early competence in the subject of physics; (2) the difference between the students average achievement using contextual learning model and problem-based learning model with different early competence in the subject of physics.The population of the study was all students of grade XII of SMAN 13 Bandar Lampung in the first semester of the year 2014/2015. Based on the above results, the researchers conclude as follows: (1) There is interaction between students who use contextual learning model and problem-based learning and early competence with the students achievement in learning physics with a value of Fcount = 126.645> Ftable = 4.11 at 0.05 level; (2) The average of the studentsachievement in learning physics using contextual learning is higher than that of using problem-based learning with a value Fcount = 26,05> Ftable =4.11 at 0.05 level.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan : (1) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dan kemampuan awal dengan prestasi belajar pada mata pelajaran fisika; (2) perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dengan kemampuan awal pada mata pelajaran fisika.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA-1 dan XII IPA-2 semester ganjil di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 80 orang siswa. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Ada interaksi antara pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah serta kemampuan awal dengan prestasi belajar fisika dengan nilai Fhitung = 126,645 > Ftabel = 4,11 pada taraf 0,05; (2) Rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan Fhitung = 26,005 > Fhitung = 4,11 pada taraf 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, Retnowilis. 2008. Teori-teori Belajar. Erlangga. Jakarta.
Eggen, Paul. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir. Indeks. Jakarta.
Furchan. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Rineka Cipta. Jakarta.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Nurhadi, Burhan Yasin, Agus Gerrad Senduk. 2009. Pendekatan Kontekstual. Publisher. Surabaya
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). PT Radja Grafindo Persada. Jakarta.
Soenarto, Sunaryo. 2004. Pembelajaran Berbasis Masalah. Pelatihan Pengembangan Buku Ajar. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.
Uno, Hamzah B. 2010. Buku Perencanaan Pembelajaran. Pustaka Hidayah. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wina, Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prenada Media. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.