PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUN AKAN PENDEKATAN KONSTEKSTUAL
Abstract
This study aims to: (1) Designing acontextual learning planning, (2) Describe the process of implementation of contextual learning, (3) to describe contextual learning valuation system, (4) Describe the improvementof English learning achievementof class X-Akt.1 and X-Akt4. 2 SMK Bandar Lampung.The method used in this study was Classroom Action Research (CAR) in 3cycles Incycle-1 using 4 components namely finding, constructivism, modeling andreflection 2nd cycleusing the 5 components of constructivism, find, ask, community learningand reflection. Cycle3 with 6 components constructivism, find, ask, community learning, authentic assessment andreflection. The conclusionof this study are: (1) Design perencanaan arranged with systematic learning. (2) Activity in the implementation of the studentis learning. (3) The evaluation system implemented in the form ofa written description.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendesain perencanaan pembelajaran kontekstual, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran kontekstual, (3) Mendeskripsikan system evaluasi pembelajaran kontekstual, (4) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris kelas X-Akt.1 dan X-Akt.2 SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 3 siklus. Pada siklus ke-1 menggunakan 4 komponen yaitu menemukan, kontruktivisme, pemodelan dan refleksi. Siklus ke-2 menggunakan 5 komponen kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar dan refleksi. Siklus ke-3 dengan 6 komponen kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, penilaian autentik dan refleksi.Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Desain perncanaan pembelajaran disusun dengan sistematik. (2) Aktivitas siswa adalah dalam pelaksanaan pembelajaran. (3) Sistem evaluasi dilaksanakan secara tertulis dalam bentuk uraian.
Â
Kata kunci : bahasa inggris, menulis deskripsi, pendekatan kontekstual
    Â
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2005. ManajemenPenelitian. Jakarta: PT AdiMahasatya.
________________. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI
DimyatidanMujiono, 2006.Belajar danPembelajaran.Jakarta: RinekaCipta
Hamalik, Oemar. 2009. KurikulumdanPembelajaran.Jakarta: BumiAksara.
Jaali. 2008. PsikologiPendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Jacob, Holly L. 1981. English Composition Program : Testing ESL Composition A. Practical Approach. London: Newbury House Publisher Inc.
Muslich, Masnur. 2008. KTSPPembelajaranBerbasisKompetensidanKontekstual. Jakarta: BumiAksara.
Nurhadi, Agus. 2003. PembelajaranKontekstualdanPenerapannyadalamKurikulumBerbasiskompetensi.Malang: UniversitasNegeri Malang.
Rasyad, Aminuddin. 2003. TeoriBelajardanPembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.
Sagala, Syaiful. 2010. KonsepdanMaknaPembelajaranuntukMembantuMemecahkanProblematikaBelajardanMengajar. Bandung: Alfabeta
Sardiman. 2007. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Sartijan. 2008. UpayaMeningkatkanKeterampilanMenulisMelaluiPenggunaan Media GambarpadaSiswaKelas IX-F dan IX-G SMP Negeri 4 Bandar Lampung pada Semester GenapTahunPelajaran 2007/2008. (Tesis) FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung
Setyaningsih, RetnoHadi. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untukMeningkatkanKualitas
Refbacks
- There are currently no refbacks.