PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Abstract
The aims of research are to: (1) design the lesson plan, (2) analyze the learning implementation, (3) analyze the learning evaluation systems, and (4) analyze the students’achievement through jigsaw type in cooperative model learning.The type of research is Classroom Action Research which is done in IX.6 and IX.7.The result of research are: (1) lesson plan design by syntax: apperception and motivation, pretest grouping and expert group, explaining jigsaw type in cooperative learning model, pretest group discussion and expert group, doing answer questions result discussion of cooperative learning model, making conclusion, giving reward to pretest group. (2) learning implementation can increase student and teacher activity. (3) learning evaluation systems used 10 essay test by high validity and reliability and (4) achievement of class IX.6 and IX.7 increase students’ standard completeness form first cycle to second cycle was 15,6% and 14,29%, from second cycle to third cycle was 9,38% and 7,15%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendesain perencanaan pembelajaran,(2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran, (3) menganalisis sistem evaluasi pembelajaran,dan (4) menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IX.6 dan IX.7.Hasil penelitian ini adalah: (1) desain RPP dengan sintaks: apersepsi dan motivasi, pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli, penjelasan model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw, diskusi kelompok asal dan kelompok ahli, tanya jawab hasil diskusi kelompok asal, membuat kesimpulan, penghargaan kelompok asal. (2) pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. (3) sistem evaluasi pembelajaran menggunakan 10 soal essay dengan validitas dan reliabilitas tinggi dan (4) prestasi belajar kelas IX.6 dan IX.7 mengalami peningkatan jumlah siswa tuntas dari siklus satu ke siklus dua sebesar 15,6% dan 14,29%. Sedangkan dari siklus kedua ke siklus tiga sebesar 9,38 % dan 7,15 %.
Kata kunci: fisika, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aronson. 1978. Jigsaw Technique for Reading Comprehension. (Online),
Brotosiswoyo. 2000. Hakekat Pembelajaran MIPA (Fisika) di Perguruan Tinggi. Proyek Pengembangan Universitas Terbuka. Departemen Pendidikan Nasional: Dirjen Perguruan Tinggi.
Hopkins, D. 1993. Teacher’s Guide to Classroom Research. Bristol: Open University Press,
Lawson, A.E. 1995. Science Teaching : And The Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Muslich, M. 2007. KTSP (Kurikilum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara,
Pribadi, R. Benny Agus. 2009. Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ.
Supriyatna, D. dan Mochammad, M. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa. (Online),
Trianto. 2010. Mendesain Model pembelajar-an Inovatif Progressif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.