EVALUASI DAMPAK PROGRAM LAYANAN PUSAT BAHASA UNIVERSITAS LAMPUNG

Gandhi Irawan, Ag Bambang Setiyadi, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


Objectives of the research are to measure satisfactory level: 1) the customers’ of Language Center’s administrative service, 2) the customers’ satisfactory level of Language Center’s academic service, 3) customers’ satisfactory level of Language Center’s facility service. This impact oriented evaluation was applied at Language Center University of Lampung. Instrument for collecting the data are observation and questionnaire and subsequently  analyzed by descriptive statistics. The result of this research are : 1) customers’ satisfactory level of Language Center’s administrative service reached 48,59 % (not  satisfying), 2) customers’ satisfactory level of Language Center’s academic service reached 47,89 % (not  satisfying), 3) customers’ satisfactory level of Language Center’s facility service reached 48,20 % (not  satisfying).

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan: 1) pengguna pusat bahasa terhadap layanan administrasi Pusat Bahasa, 2) pengguna pusat bahasa terhadap layanan akademik Pusat Bahasa, 3) pengguna pusat bahasa terhadap layanan sarana prasarana Pusat Bahasa. Penelitian dengan metode evaluasi berorientasi dampak, dilaksanakan di Pusat Bahasa Universitas Lampung. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kepuasan pengguna Pusat Bahasa Universitas Lampung untuk layanan administrasi mencapai 48,59 % (tidak  memuaskan), 2) Kepuasan pengguna pusat bahasa untuk layanan akademik atau pelatihan mencapai 47,89 % (tidak memuaskan), 3) Kepuasan pengguna pusat bahasa untuk layanan sarana prasarana 48,20 % (tidak memuaskan).

Kata kunci : administrasi, akademik, evaluasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Carol G. 2005. Organizational Learning vs the learning organization : a conversation with a practitioner, The Learning Organization. Vol 12 No 4. Emerald Group.

Mambo. 2004. Language Laboratory. Diakses tanggal 16 Februari 2011.

Nurhasyim. 2004. Pengembangan Model Pelayanan Haji Departemen Agama Berdasarkan Prinsip Reinventing Government Yang Berorientasi Pada Pelanggan di Kabupaten Gresik. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga

Pedler, P.M., Boydell, T.H., Burgoyne, J. 2003. Learning Company: Project Report Training Agency. New York: Mc.Graw-Hill Maiden Head

Setiawan B. 2008. Agenda Pendidikan Nasional. Yogjakarta: Ar-Ruz Media.

Sutopo dan Suryanto, Adi. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Sariatmodjo, H. Soewando, Sudarsono Soedadi, H.M. Arif Mulyadi, 2000, Pelayanan Prima (Bahan Diklat Administrasi Umum), Pendidikan Latihan Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur.

Senge, Peter. (2004) The Fifth Discipline Fieldbook: Strategies and Tools for Building a Learning Organization

Setiyadi, Bambang. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu

Sugiono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta

www.mampu.gov.my.2003 diakses 10 Agustus 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.