PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE MATERI PERTIDAKSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Abstract
This research aimed to: (1) describe school’s potency and condition, (2) produce syntax of learning cycle model and student worksheet (LKS), (3) analyze the effectiveness of learning cycle model usage and students worksheet. Subject of research are student of SMKN 1 Bandar Lampung, SMKN 3 Bandar Lampung, SMKN 4 Bandar Lampung. Result of research are: (1) schools’ potency and condition supported to develop learning model, (2) to produce syntax of learning cycle model which consists of seven stages, they are (a) elicit, (b) engage, (c) explore, (d) explain, (e) elaborate, (f) evaluate, (g) extend which supported by students worksheet. (3) effective product was used as a learning model because z score 0,46 was lower than z table 0,64.
Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi sekolah, (2) menghasilkan sintak pembelajaran model Learning Cycle serta LKS, (3) menganalisis tingkat efektivitas penggunaan model pembelajaran Learning Cycle serta LKS.Tempat penelitian di SMKN1 Bandar Lampung, SMKN 3 Bandar Lampung, SMKN 4 Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) kondisi dan potensi sekolah mendukung untuk pengembangan model pembelajaran, (2) menghasilkan sintak pembelajaran model Learning Cycle yang terdiri dari tujuh tahap, yaitu (a) elicit, (b) engage, (c) explore, (d) explain, (e) elaborate, (f) evaluate, (g) extend serta didukung LKS. (3) produk efektif digunakan sebagai model pembelajaran karena nilai z skor adalah 0,46 lebih kecil dari z tabel sebesar 0,64.
Kata kunci : learning cycle, materi pertidaksamaan, model pembelajaran
Â
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach – Belajar untuk Mengajar buku satu.Edisi ketujuh. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Eisenkraft, Arthur . 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Sept.:56-59. Reprented with permission from The Science Teacher (70(6): 56-59), a journal for high school science educators published by the National Science Techers Association www.nsta.org, (Rabu, 30 januari 2013, pukul 01)
Karwono H. dan Mularsih, Heni. 2010. Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Jakarta : Cerdas Jaya
Uno B, Hamzah. 2008. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teorits-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.