PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN
Abstract
The objectives of research are: (1) to describe the potency and condition of physical education learning model utilization before doing development, (2) to develop physical education learning model which has been existed, (3) to analyze the effectiveness physical healthy learning after using physical healthy learning model. This research was done at SMP Negeri 4 Gedongtataan, SMP Negeri 3 Negerikaton, and SMP Negeri Satap Satu Waylima. The data of research was analyzed by descriptive  quantitative. The conclusion of research are : (1) to produce physical healthy learning model consists of (a) steps of learning/ syntax, (b) syllabus, (c) lesson plan, (d) materials, and (e) games in physical healthy,(2) physical healthy learning model was used in physical healthy learning is effective because the N Gain score increased to 0,60 (very effective),
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan potensi dan kondisi pemanfatan model pembelajaran pendidikan jasmani sebelum melakukan pengembangan, (2) mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani yang sudah ada, (3) menganalisis efektifitas pembelajaran kebugaran jasmani setelah menggunakan model pembelajaran kebugaran jasmani. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Gedongtataan, SMPN 3 Negerikaton dan SMPN Satap Satu Way Lima. Kesimpulan data penelitian adalah: (1). model pembelajaran kebugaran jasmani efektif digunakan untuk pembelajaran kebugaran jasmani, karena N Gain untuk hasil belajar adalah 0,60 (sangat efektif), (2) menghasilkan model pembelajaran kebugaran jasmani yang terdiri dari: (a) langkah – langkah pembelajaran/ sintaks, (b) silabus, (c) rencana pelaksanaan pembelajaran, (d) bahan ajar, dan (e) permainan – permainan kebugaran jasmani.
Kata kunci : bermain, kebugaran jasmani,model pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahim. 2011. Bab III Metode Penelitian. Laporan penelitian, diambil dari repository.upi.edu pada 12 November 2012.
Agus, Mahendra, 2009. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Makalah Bahan Penataran. FPOK.UPI, Makalah tersedia dalam. http;//www.file.upi.edu/direktori/fpok/. di unduh pada 1 September 2013
Borg W.R., and Gall M.D. 2003. Education research (4^th ed.). New York: Longman Inc
Bruce, Joyce. 2009. Model of Teaching. USA : Pearson.
Dewi, Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar, 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Hake, R.R. 2007. "Design-Based Research in Physics Education Research: A Review," in A.E. Kelly, R.A. Lesh, & J.Y. Baek, eds. (in press), Handbook of Design Research Methods in Mathematics, Science, and Technology Education. Jurnal, diambil dari http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR-Physics3.pdf pada 9 September 2013
Husdarta. 2009. Manjemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Samsudin, 2008, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera.
Sofia, Hartati. 2005. Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Tadkirotun, Musfiroh. 2008. Cerdas melalui bermain: Cara mengasah multiple intelligence pada anak sejak usia dini. Jakarta: PT. Grasindo.
Toho, Cholik Mutohir. 2011. Berkarakter dengan Berolaharaga Berolaharaga dengan Berkarakter. Jakarta: Sport Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.