PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL TUTORIAL OPENOFFICE.ORG WRITER
Abstract
The aims of this study were (1) to produced word processor teaching material by using the OpenOffoce.org Writer as a self-learning media for junior high school students, (2) to analyze the effectiveness of word processor teaching material by using OpenOffoce.org Writer.This study used research and development approach which was conducted in SMPN 2 South Abung, SMPN 1 Anak Ratu Aji, and SMP PGRI Trimodadi. The conclusions of this study were: (1) the development of teaching material was school potential, (2) the result of this development was in from of a product of teaching materials OpenOffoce.org Writer module validated by media, material, and instructional design expert, (3) teaching material OpenOffoce.org Writer module was effectively used as a learning media which was shown by the average value of the posttest for treatment class for cognitive was 8,25 and psychomotor was 8,31, which were bigger than the control class average value of posttest 6,77 for cognitive and 7,44 in psychomotor.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar pengolah kata OpenOffice.org Writer sebagai media belajar mandiri bagi siswa SMP, (2) menganalisis efektifitas bahan ajar pengolah kata OpenOffice.org Writer. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dilakukan di SMPN 2 Abung Selatan, SMPN 1 Anak Ratu Aji dan SMP PGRI Trimodadi. Kesimpulan penelitian adalah: (1) bahan ajar yang dikembangkan menjadi potensi sekolah, (2) hasil dari pengembangan ini berupa bahan ajar modul tutorial OpenOffice.org Writer yang divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli desain pembelajaran, (3) bahan ajar modul OpenOffice.org Writer efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest untuk kelas perlakuan untuk kognitif yaitu 8,25 dan psikomotor 8,31 lebih besar dari kelas kontrol yang nilai rata-rata posttest kognitif adalah 6,77 dan aspek psikomotor 7,44.
Kata kunci: bahan ajar, modul, openoffice.org writer
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.
Cahyo, Jea Mukti. 2011. Implementasi Teori Pembelajaran Piaget pada Fisika. Artikel, diambil dari http://studifisika.blogspot.com/2011/02/implementasi-teori-pembelajaran-piaget.html pada 12 Januari 2013
Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riadi, Muchlisin.2013. Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahan Modul Pembelajaran. Artikel. Diambil dari http://www.kajianpustaka.com/2013/03/pengertian-kelebihan-kelemahan-modul-pembelajaran.html pada 10 Juni 2013
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet.10. Bandung: Alfabeta.
Smaldino Sharon E etc. 2011. Instructional Technologi dan media for learning. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.