EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
Abstract
The objective of the study was to provide recommendations with regard to the competency of teachers include context, input, process, and product of teachers’ learning management.The method used was the CIPP evaluation, conducted by taking a sample of 12 people in four schools, namely SMPN 7 Bandar Lampung, SMPN 10 Bandar Lampung, SMP PGRI 4, and SMP Wiyatama.The results of the study revealed that the evaluation of component context of schools environment reached 81.25% (good), the availability of facilities and infrastructure of learning reached 72.92% (enough). The evaluation of the input components showed that teacher characteristics reached 86.11% (good), and administration of teacher learning reached 81.67% (good). On the process components indicated the learning plan reached 76.19% (good), the implementation of learning reached 71.7% (enough), the evaluation of learning reached 68.75% (enough), and follow-up learning outcomes reached 72.92% (enough), whereas, the components of product showed the achievement of 78.03% (excellent).
Tujuan penelitian adalah memberi rekomendasi berkenaan dengan kompetensi guru meliputi konteks, input, proses, dan produk pengelolaan pembelajaran guru. Penelitian dilaksanakan dengan mengambil sampel 12 orang pada empat sekolah yaitu: SMPN 7 Bandar Lampung, SMPN 10 Bandar Lampung, SMP PGRI 4, dan SMP Wiyatama.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa evaluasi komponen konteks yaitu lingkungan sekolah mencapai 81,25% “baik”, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran mencapai 72,92% “cukup”. Evaluasi komponen input menunjukkan bahwa karakteristik guru mencapai 86,11% “baik”, dan administrasi pembelajaran guru mencapai 81,67% “baik”. Pada komponen proses menunjukkan perencanaan pembelajaran mencapai 76,19% “baik”, pelaksanaan pembelajaran mencapai 71,7% cukup, evaluasi pembelajaran mencapai 68,75% “cukup”, dan tindak lanjut hasil pembelajaran mencapai 72,92% “cukup”. Sedangkan komponen produk menunjukkan pencapaian sebesar 78,03% “baik”.
Kata kunci: evaluasi, kompetensi guru, pengelolaan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah.
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cet. Ke-2.
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.