PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KARAKTER MATERI KALOR
Abstract
This research aimed to (1) describe the potential and the conditions of instructional materials of Science that had been already used, (2) describe the process of the development of character-based Science module instructional materials in accordance with the students” characteristics and needs, (3) produce the instructional materials of character-based Science module in accordance with the students’ characteristics and needs. The research was conducted at Junior High School 26 Bandar Lampung, Junior High School 28 Bandar Lampung, and Junior High School 2 Bandar Lampung. The research conclusions are : (1) Junior High School in Bandar Lampung have potential to develop module which is characterized by the absence of module and handbook used to support the goal of Science, (2) the development process of character-based Science module is validated by material, design, and multimedia experts, (3) the product produced in the form of character-based Science module as the learning complement
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi bahan ajar IPA yang sudah digunakan, (2) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar modul IPA berbasis karakter yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, (3) menghasilkan produk bahan ajar modul IPA berbasis karakter sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 26 Bandar Lampung, SMPN 28 Bandar Lampung, dan SMPN 2 Bandar Lampung. Kesimpulan penelitian adalah (1) SMP Negeri di Bandar Lampung berpotensi untuk pengembangan modul, yang ditandai dengan belum adanya modul dan buku yang digunakan selama ini kurang mendukung tercapainya tujuan mata pelajaran IPA, (2) proses pengembangan modul IPA berbasis karakter divalidasi ahli materi, desain, dan multimedia, (3) produk yang dihasilkan berupa modul IPA berbasis karakter sebagai komplemen pembelajaran
Kata kunci: karakter, materi kalor, modul pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Hamzah, Syukri. 2007. Pengembangan Model Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Lokal Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.(Online). (http://syukrihamzah.blogspot.com/, diakses 2 Februari 2014, pukul 05.40 WIB).
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Kemendiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Prawiradilaga, DS. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setya, Roymundus. 2012. Pemilihan Bahan Dan Media Pembelajaran. (Online). (http://roymundussetya.wordpress.com/2012/01/07/pemilihan-bahan-dan-media-pembelajaran, diakses 2 Februari 2014, pukul 07.10 WIB).
Smaldino, dkk. Instructional Technology & Media for Learning Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.