PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN
Abstract
The purpose of this study is to (1) describe the potential and conditions for the development of model-based motor-driven game in elementary school of deaf children, (2) model-based motor learning produces children's games, (3) to test the effectiveness of the use of motor learning model based deaf children games. The research take place  in the public outstanding school Tulang Bawang and Dharma Bhakti Pertiwi Dharma Bandar Lampung outstanding school . The data is collected by using the assessment scale model-based motor learning games and analyzed by quantitative descriptive. The results showed that (1) the game-based learning, potentially increases the ability of deaf children in SDLB motor, (2) model based motor learning games for deaf children in validated kontent, desain, and media, (3) effective products used as motor learning model based games by the average score of 98% (very effective)
Â
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi pengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan anak tunarungu di sekolah dasar luar biasa, (2) menghasilkan model pembelajaran motorik berbasis permainan anak tunarungu, (3) menguji tingkat efektivitas penggunaan model pembelajaran motorik berbasis permainan anak tunarungu. Tempat penelitian di Sekolah Luar Biasa Negeri Tulang Bawang dan Sekolah Luar Biasa Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung. Data dikumpulkan menggunakan skala penilaian model pembelajaran motorik berbasis permainan dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SDLB berpotensi untuk dikembangkan model pembelajaran motorik berbasis permainan untuk anak tunarungu, (2) model pembelajaran motorik berbasis permainan untuk anak tunarungu divalidasi oleh ahli konten, desain, dan media, (3) produk efektif digunakan sebagai model pembelajaran motorik berbasis permainan dengan rata-rata skor yaitu 98% (sangat efektif)
Kata kunci: anak tunarungu, pembelajaran motorik, permainan
Full Text:
PDFReferences
Carpenter, Eric J. 2010. The Tactical Games Model Sport Experience: an Examination of Student Motivadition And Game Performance During An Ultimate Frisbee unit. Dissertation. University of Massachusetts- Amherst.
Gustiana, Asep Deni. 2005. Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan. Agustus no. 2 hal. 192. Bandung: UPI.
Haenudin. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: Luxima metro media.
Melinda, Elly Sari. 2013. Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Dan Irama. Jakarta: Luxima metro media.
Metzler, M. 2000. Instructional Model for Physical Education. Boston: Allyn & Bacon.
Mumpuniarti. 2000. Penanganan Anak Tunagrahita (Kajian Dari Segi Pendidikan, Sosial-Psikologis Dan Tindak Lanjut Usia Dewasa). Yogyakarta: FIP UNY.
Mumpuniarti. 2007. Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.