PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA
Abstract
The purpose of this study was to (1) describe the potential and conditions of the math instructional materials used in secondary schools in the Tulang Bawang Barat district, (2) develop a mathematical modules that can improve student learning outcomes, (3) test the effectiveness of the developed module which is associated with the increasing of students' mathematics learning outcomes. This research was conducted at SMPN 1 Lambu Kibang, SMPN 1 Tumijajar, and SMPN 1 Tulang Bawang Udik, in the Tulang Bawang Barat district.The conclusion of this study is (1) junior high school in Tulang Bawang Barat district has the potential for the development of the module, which is characterized by the absence of the module as teaching materials and the module which was for the whole time the goals of mathematics courses, (2) the product development is in the form of instructional materials mathematics statistics module, (3) module is effectively used as a teaching material because more than 60% of students pass the study.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi bahan ajar matematika yang digunakan di SMP di kabupaten Tulang Bawang Barat, (2) mengembangkan modul matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) menguji efektifitas modul yang dikembangkan dikaitkan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Lambu Kibang, SMPN 1 Tumijajar, dan SMPN 1 Tulang Bawang Udik, di kabupaten Tulang Bawang Barat.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) SMP di kabupaten Tulang Bawang Barat berpotensi untuk pengembangan modul, yang ditandai dengan belum adanya modul sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika dan buku yang digunakan selama ini tidak mendukung tercapainya tujuan mata pelajaran matematika, (2) produk pengembangan berupa bahan ajar modul matematika materi statistika, (3) modul efektif digunakan sebagai bahan ajar karena lebih dari 60% siswa tuntas belajar.
Kata kunci: bahan ajar, modul, statistika.
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. 2009. Teori Belajar dan pembelajaran.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Sosialisasi KTSP 2008. (Online) (http://dc218.4shared.com/download/vj4M9KIo/5_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.rar?tsid=20120227-061731-a8f2e27, Diakses 1 Februari 2014 jam 20.00 WIB).
Elice, Deti. 2012. Pengembangan Desain Bahan Ajar Keterampilan Aritmatika Menggunakan Media Sempoa Untuk Guru Sekolah Dasar. Tesis. Bandar Lampung. FKIP Unila PPSJ Teknologi Pendidikan.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Herdian. 2010. Teori Belajar Piaget dan Bruner (Online) (http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/teori-teori-belajar-piaget-bruner-v, diakses 19 Oktober 2013, pukul 20.30).
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Karwono & Heni Mularsih. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya.
Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: CV Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Widiatmoko, Arif. 2008. Belajar Penemuan Djerome Bruner (Online)(http://arifwidiyatmoko.wordpress.com/2008/07/29/%E2%80%9Djerome-bruner-belajar-penemuan%E2%80%9D/, diakses 19 Oktober 2013 pukul 22.15).
Refbacks
- There are currently no refbacks.