PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SEDERHANA
Abstract
This study aims to obtain (1) format of lesson plan using picture card to improve the students’ ability in writing simple descriptive composition, (2) the form of learning implementation using picture card to improve the students’ ability in writing simple descriptive composition, (3) system of learning evaluation using picture card for writing subject, (4) the increase of students’ ability in writing simple descriptive composition using picture card.The results of this research show: (1) the form of lesson plan designed by using picture card consisting three steps, i.e. stimulation, asimilation and aplication; (2) the increasing students activities in learning process by asking and answered the questions and discuss with a partner; (3) evaluation system by using the scoring for writing Aspect in descriptive composition they are: content, organization, language use, vocabulary and mechnics ; (4) students’ ability were increased, i.e (56,7%) in the first cycle, (64,8%) in the second cycle, and (97,2%) in the third cycle.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) format perencanaan pembelajaran dengan menggunakan kartu gambar untuk peningkatan kemampuan siwa menulis karangan deskripsi sederhana, (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kartu gambar untuk peningkatan kemampuan siwa menulis karangan deskripsi sederhana, (3) sistem evaluasi untuk pembelajaran menulis dengan menggunakan kartu gambar,dan (4) peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi sederhana dengan menggunakan kartu gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) format RPP yang dirancang dengan menggunakan kartu gambar melalui tiga tahapan yakni stimulasi, asimilasi dan aplikasi; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami penigkatan dalam hal bertanya jawab dan berdiskusi dengan teman; (3) sistem evaluasi pembelajaran menulis karangan deskripsi sederhana meliputi aspek content, organization, language use, vocabulary dan mechanics; (4) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Suklus I (56,7%), siklus II (64,8%), dan siklus III( 97,2%)
Kata kunci: karangan deskripsi, kartu gambar, keterampilan menulis.
Full Text:
PDFReferences
Finoza, Lamudin.2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Padang: Diksi Insan Mulia.
Gie, The Liang. 2002. Pengantar dunia karang mengarang. Yogyakarta: Balai Bimbingan Mengarang.
MC. Taggart, R and Kemmis, S. 1989. The Action Research Planner. Melbourne: Deakin University
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kenana Prenada Media Group
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Setiyadi, Bambang. Ag. 2006. Teaching English as a foreign language. Yogyakarta: Graha ilmu
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Supriatna, Dadang dan Mochamad Mulyadi, 2009. Konsep dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: PPPPTK TK dan PLB
Widyamartaya. 2000. Kreatif Mengarang. Yogyakarta: Yayasan Kanisius
Refbacks
- There are currently no refbacks.