PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETA PELAJARAN IPS MELALUI METODE DEMONSTRASI

Ida Fidiati, Herpratiwi Herpratiwi, Buchori Asyik

Abstract


This study aims to analyze: (1) lesson plan design that are implemented to the learning material of environment map reading by using the method of demonstration, (2) learning material  activity of  environment map reading using the demonstration, (3) the evaluation of learning outcomes map reading material the demonstration method, and (4) the increase the ability to read a map by using the method of demonstration. The research method used was classroom action research through three cycles. The subjects was the fourth grade class. The results can be concluded (1) design lesson plans with demonstration methods include classroom presentations and group learning through the exploration phase, elaboration, and confirmation, (2)  implementation of learning by demonstration method can increase the activity of students (3) the learning evaluation system was done by using test (4) achievement of KKM in the first cycle as much as 48%, the second cycle 68 %, and third cycle of 84%.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) desain RPP yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran materi membaca peta lingkungan dengan menggunakan metode demonstrasi, (2) aktivitas pembelajaran materi membaca peta lingkungan dengan menggunakan metode demonstrasi, (3) pelaksanaan evaluasi hasil belajar materi membaca peta dengan metode demonstrasi, dan (4) peningkatan kemampuan  membaca peta dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) desain RPP menggunakan  metode demonstrasi  yang  meliputi presentasi kelas dan belajar dalam kelompok melalui tahap eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas siswa (3) sistem evaluasi pembelajaran dilakukan dengan (4)  pencapaian KKM pada siklus pertama sebanyak 48%, siklus kedua 68%, dan siklus ketiga 84%.      

Kata Kunci: aktivitas, metode demonstrasi,membaca peta.

Full Text:

PDF

References


Benny A Pribadi, 2009.Model-model Desain Sistem Pembelajaran, Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ, Jakarta

Sardiman AM, 2012.Interaksi & motivasi belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Suharsimi Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, Aditya Media, Yogyakarta

UU RI No.20 th 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winataputra, Udin. S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.