PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TEAM GAMES TOURNAMENTS

Tri Indah Utami, Budi Koestoro, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


The objectives of this research are to describe ;1) the interaction between learning and entry behavior on student’s achievement, 2) the difference of students achievement between Jigsaw and TGT model learning,3) the difference of students achievement through Jigsaw and TGT model learning for high entry behavior students. The population of the research was conducted at two classes with the samples of students class XE and XF  in SMA N I Terbanggi Besar Central Lampung. The research results show that : (1) there is an interaction of student’s achievement between learning and their entry behavior with P-value of  0,036, (2) the average student’s achievement who use Jigsaw  model learning is higher than TGT model learning with average difference of 1,94 and P-value 0,024,(3) the average achievement on high entry behavior students who use Jigsaw model learning is higher than TGT model learning with  the average difference of 5,14 and P-value 0,045.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan;1) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa dengan prestasi belajar siswa, 2) perbedaan prestasi belajar siswa antara yang belajar melalui pembelajaran model jigsaw dengan yang belajar melalui model TGT, 3) perbedaan prestasi belajar melalui pembelajaran model jigsaw dan TGT pada siswa yang berkemampuan awal tinggi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XE dan XF SMA N I Terbanggi Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa pada prestasi belajar siswa dengan nilai P-value 0,036, (2) rata – rata prestasi belajar siswa yang belajar melalui pembelajaran jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar melalui TGT dengan perbedaan rata -  rata sebesar 1,94 dan nilai P-value 0,024,( 3) rata – rata prestasi belajar siswa yang berkemampuan awal tinggi dengan pembelajaran jigsaw lebih tinggi daripada dengan TGT dengan perbedaan rata- rata 5,14 dan nilai P-value 0,045

Kata kunci : jigsaw,matematika,TGT.


Full Text:

PDF

References


Gagne, Robert M. 2002. Essential og Learning for Instructioan. Terjemahan Abdillah Hanafi dan Abdul Manan. Surabaya: Usaha Nasional.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2002. Cooperatif Learning. Jakarta: PT Grasindo

Nur, M. dan Wikandri PR. 2004. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert E. 2004, Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik, Terjemahan Nurulita. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.