PENGARUH PRESTASI PEMBELAJARAN PRODUKTIF DAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KOMPETENSI KEAHLIAN

Nensi Mesrani Tarigan, Herpratiwi Herpratiwi, Tarkono Tarkono

Abstract


The purpose of the research is to know (1) the influence of productive learning achievement toward the competency of soft vehicle technique skill, (2) the influence of industrial work practice achievement toward the competency of soft vehicle technique skill and (3) the influence of productive learning achievement and industrial work practice toward the competency of soft vehicle technique skill. The amount sample were 30 training participants of 113 training participants. The results of the research showed that there is an influence between productive learning achievement toward soft vehicle technique skill with a correlation coefficient (r) = 0.763 and a correlation coefficient of determination (r2) = 0.583; no effect on industrial work practice achievement toward the competence of soft vehicle technique skill with a correlation coefficient (r) = 0.632 and a correlation coefficient of determination (r2) = 0.399.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh prestasi pembelajaran produktif  terhadap kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan, (2) pengaruh prestasi praktik kerja industri terhadap kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan dan (3) pengaruh prestasi pembelajaran produktif dan prestasi praktik kerja industri terhadap kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta diklat dari 113 peserta diklat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh antara prestasi pembelajaran produktif terhadap kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan dengan koefisien korelasi (r) = 0,763 dan nilai koefisien korelasi determinan (r2) = 0,583; tidak ada pengaruh antara prestasi praktik kerja industri terhadap kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan dengan koefisien korelasi (r) = 0,632 dan nilai koefisien korelasi determinan (r2) = 0,399.

Kata kunci : pembelajaran produktif, praktek kerja industri, teknik kendaraan ringan.


Full Text:

PDF

References


Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.

David Boud and Nicky Solomon. 2003. Work-Based Learning. SRHE and Open University Press Buckingham

Djohar, Asari. 2006. Model-Model Pembelajaran Pada Kelompok Mata Diklat Produktif di SMK. Jakarta (diambil dari http://www.scribd.com/doc/98983447/Model-Pembelajaran-Produktif pada tanggal 15 Agustus 2013)

Nur’aini, Eka. 2011. Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Baru Untuk Mata Pelajaran Biologi. PEP UNY. (Diambil dari http://amaeka.files.wordpress.com/2012/11/kata-operasional-taksonomi-bloom-versi-baru3.pdf pada tanggal 15 Agustus 2013)

Prastiyo, Joko. 2010. Implementasi Project Work Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Produktif di SMKN 1 Bitan. Makalah Seminar. Malang: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Ketenagapendidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (diambil dari http://www.slideshare.net/joko.prasetiyo.spd/implementasi-project-work-dalam-pembelajaran-praktek-produktif pada tanggal 15 Agustus 2013)

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Sutrisno. 2005. Statistik Penelitian. Yogyakarta :Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM

Tri, Budi Siswanto. 2012. Model Penyelenggaraan Work Based Learning Pada Pendidikan Vokasi Diploma III otomotif. (diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1013 pada tanggal 15 Juli 2013)

Uno, B. Hamzah, Abdul Karif Raum, dan Najamuddin Petta Solong, 2008. Pengantar Teori Belajar dan Pembelajaran (Cet.II). Gorontalo: Nurul Jannah

Uzer, Moh. Usman dan Lilis Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosyadakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.