HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA, SIKAP PADA PROFESI, DAN PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU

Sujana Mei Raharja, R. Gunawan Sudarmanto, Djalaludin Genap

Abstract


Goal of this research is to analizing correlation stregth between teacher’s motivation work with the teacher performance, attitude of profession with the teacher’s performance learn and headmaster construction with the teacher performance, and also its third relation by together with teacher performance. This research responden is all teacher’sof  SMKN,  588 population amount to 140 who are selected by pursuant to technique of sample random sampling. Result of research show the positive relation, keep and significant between : (1) motivation work with the teacher performance with the correlation coefficient (ry1) is 0,976. (2) attitude profession with the teacher performance  , with the correlation coefficient (ry2) is 0,974. (3) headmaster construction with the teacher Performance with the correlation coefficient(ry3) is 0,973. (4) the motivation work, attitude  profession and headmaster construction with the teacher performance correlation coefficient of ry.123 Y sum 0.974.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, sikap pada profesi dengan kinerja guru,pembinaan kepala sekolah dengan kinerja guru, dan hubungan antara motivasi kerja, sikap pada profesi, pembinaan kepala sekolah secara bersama-samadengan kinerja guru. Responden penelitian adalah guru-guru SMKN di Kota Bandar Lampung berjumlah 588 orang, sebagai populasi dan 140 orang sebagai sampel yang dipilih berdasarkan teknik sampel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif, erat dan signifikan antara :(1) motivasi kerja dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (ry1) 0, 976. (2) sikap pada profesi dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi (ry2) 0,974. (3) pembinaan kepala sekolah dengan Kinerja Guru dengan koefisien korelasi (ry3)  0,973. (4) motivasi kerja, sikap pada profesi dan pembinaan kepala sekolah dengan kinerja guru,dengan koefisien korelasi0,974.

Kata Kunci : motivasi, sikap, pembinaan,kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Aldag, Ramon J dan Timothy Stearns. 2000.Management. Chicago: Shout Western Publishing Co.

Arikunto, Suharsini.2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek.PT.Rineka Cipta, Jakarta.

Depdiknas. 2005.Undang-undang Nomor : 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,Ditjen Dikdasmen 2005.

Gagne, Robert M. 2000. Essential Of Learning for instruction. Prentice Hall,inc,New Jersey.

Gomes, F. Cardoso. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, Andi Offset.:Bina Rupa Aksara.Good, T.L,and Brophy, J.E. 2004. Educational Psychology. New York: Longman.

Purwanto, Ngalim. 2000.Psikologi Pendidikan,bandung, remaja Rosdakarya.

Purwadarminto. 2003 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Raihani, 2010, Kepemimpinan kepala sekolah Transformatif, PT.Lkis printing Yogjakarta Cemerlang.

Robbins, Stephen P.2001. Organiza tionalBehavior:Concepts, contro versiesand Aplication. New Jersey: Pretice-Hall.

Sardiman,A.M 2000, Interaksi dan Motivasi Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Press.

Siagian, S.P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Bumi aksara.

Sinurat, M. 2006. Pembaharuan Tujuan Pendidikan Kejuruan di Indonesia, Inovasi. Volume 4 No.4 Oktober – Desember.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: STIE YKPN.

Sudjana, 2001, Metoda Statistika,Bandung, Tarsito.

Sumidjo,Wahjo, 2004. Kepemimpinan Kepada sekolah Jakarta: Rajawali Pers.Sunarto dan Hartono A.2002. perkembangan Peserta Didik, Jakarta. Rineka Cipta.

Vaughan,Graham dan Hogg, Michael, 2006.Introduction to social Psycolog. Sydney: Prentic Hall.

Whimore, John,2000,Coaching for Performance : Seni mengarahkan untukm mendongkrak Kinerja.Terjemahan Y.Dwy Helly Purnomo, Jakarta Gramedia, Pustaka Utama.

Winardi. 2007 Azas-azas Manajemen.Bandung. Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.