PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Ade Adriansyah, Adelina Hasyim, Ujang Suparman

Abstract


The purposes of this research were to analyze (1) to arrangement the of lesson plan using TGT method, (2) the implementation of learning using the TGT method, (3) the learning evaluation system on learning using the TGT method, (4) to analyze students’ vocabulary achievement using the TGT method. The kind of this research is classroom action research was carried out in VII E and VII F class of SMP Al Kautsar Bandar Lampung. These results of analysis indicated that (1) Lesson Plan in learning English vocabulary using syntax of TGT method. (2) There is an increased activity of students’ learning: listening, asking, explaining, answering question, making summary presentation and match (3) Evaluation system with 30 multiple choice questions.(4)There is an increased students’ English vocabulary achievement 7,05 good category. 

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode TGT, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode TGT, (3) sistem evaluasi pembelajaran pada pembelajaran menggunakan metode TGT,(4)peningkatan penguasaan kosakata siswa menggunakan metode TGT. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII E dan VII F SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kosakata Bahasa Inggris menggunakan sintaks pembelajaran TGT (2) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa: mendengarkan, bertanya, menjelaskan, menyelesaikan soal, membuat rangkuman, presentasi dan pertandingan (3) sistem evaluasi dengan 30 soal pilihan ganda . (4) Terjadi peningkatan kemampuan kosakata Bahasa Inggris siswa dengan nilai 7,05 kategori baik.

Kata kunci: TGT, kosakata,pembelajaran kooperatif.


Full Text:

PDF

References


Joni, T.R. 2000. Rasional Pembelajaran Terpadu. Makala disajikan dalam Seminar Regional: Implementasi Pembelajaran Terpadu dalam Menyongsong Era Indonesia Baru: PPS Universitas Negeri Malang, Malang

Slavin R E. 2009 Cooperatif Learning Teori Riset dan Praktik Nusa media,Bandung.

Slavin, R. E. (1995a).Cooperative learning: Theory,research, andpractice (2nd ed.).Boston: Allyn & Bacon.

Sanjaya, Wina.2010.StrategiPembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media, Jakarta

Setiyadi, Bambang.2003. Teaching English as Foreign Language. Lampung University, Bandar Lampung. Indonesia.

Smaradhipa, Galih.Bertutur dengan Tulisan http://www.raya kultura.com.Diakses tanggal 2 Januari 2013

Xaviery,2004.Strategi Pembelajaran Sosiologi Tingkat SMA. http://artikel.us/xaviery6-04.html.diakses tanggal 27 Agustus 2012

Yusufhadi, Miarso,2004 Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Kencana, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.