PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATEMATIKA

Rina Devita, Dwi Yulianti, Sugeng Sutiarso

Abstract


The purposes of this research are (1) to describe the current conditions of learning mathematics and analyze the potential for the development of mathematics module for Statistics and Probability (2) to develop instructional materials in the form of mathematical module for Statistics and Probability in grade XI Science,(3) to test the effectiveness of the use of the module for Statistics and Probability,(4) to test the efficiency of the use of the module for Statistics and Probability,(5)to test the attractiveness of the module for Statistics and Probability.It was conducted in SMAN 13, SMAN 15, and SMA Persada Bandar Lampung. The research conclusions are (1) senior high schools in Bandar Lampung are potential for the development of the module Statistics and Probability (2) the development of teaching materials for math module for Statistics and Probability (3) module is effective for instructional materials in teaching (4) module is efficient to use as teaching materials in learning (5) module is attractive for students as teaching material for Statistics and Probability

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran matematika saat ini  dan menganalisis potensi pengembangan modul matematika materi Statistika dan Peluang, (2) mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul matematika materi Statistika dan Peluang kelas XI IPA, (3) menguji efektifitas penggunaan modul Statistika dan Peluang, (4) menguji efisiensi penggunaan modul Statistika dan Peluang,(5) menguji kemenarikan modul Statistika dan Peluang. Penelitian dilakukan di SMAN 13 Bandar Lampung, SMAN 15 Bandar Lampung dan SMA Persada Bandar Lampung. Kesimpulan penelitian adalah (1) SMA di Bandar Lampung berpotensi untuk pengembangan modul Statistika dan Peluang (2) pengembangkan bahan ajar modul matematika materi Statistika dan Peluang (3) Modul efektif digunakan dalam pembelajaran.(4) Modul efisien digunakan sebagai digunakan bahan ajar dalam pembelajaran (5) Modul  menarik siswa sebagai bahan ajar materi Statistika dan Peluang

Kata kunci : bahan ajar, modul, statistika dan peluang.


Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R. &Gall, Meredith D. 1983. Educational Reseach An Introduction (4th ed.).New York: Longman Inc.

Elice, Deti. 2012. Pengembangan Desain Bahan Ajar Keterampilan Aritmatika Menggunakan Media Sempoa Untuk Guru Sekolah Dasar. Tesis. FKIP Unila PPSJ Teknologi Pendidikan. Bandar Lampung.

Isjoni.2007.http://mi1kelayu.blogspot.com/2012/06/pembelajarankooperatif.html

Mahmud.2012.http://mahmud09kumpulanmakalah.blogspot.com/2011/01/pembelajaranmodul.html.Diakses Jum’at,tanggal 6 Juli 2012

Mashudi,Edi.2008.Konsep Belajar Mandiri.http://edingulik. wordpress.com/2008/01/10/untuk-temanteman/.(3 Juli 2012)

Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana. Jakarta.Ed.1Cet. 4.744 hlm.

Nasution,S.2006.Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Sagala, Syaiful.2011 Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. CV Alfabeta.Bandung.

Sari, Surya Puspita. 2008. Karakteristik Belajar Mandiri. http://pipitsurya. blogspot.com/2008/09/karakter istik-belajar-mandiri.html.Diakses tanggal 3 Juli 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.