PEMANFAATAN ALAT PERAGA FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GETARAN DAN GELOMBANG BAGI SISWA TUNARUNGU
Abstract
This study aims to analyze the lesson plans, learning implementation, learning assessment system and the increasing of the materials perception of vibration and wave sounds by using physical tools. Research method used is action research which is divided into three cycles. Research subjects are students in 8th grade Special School for Disable Students at Deaf class (SMPBL B) N 1 kotagajah. Cycle I, II, III use physical tools such as spring, pendulum, slinks, ropes, drum, guitar, computer, and trumpet.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan sistem penilaian pembelajaran dengan menggunakan alat peraga fisika untuk meningkatkan penguasaan materi getaran dan gelombang, serta peningkatan penguasaan materi getaran dan gelombang dengan menggunakan alat peraga fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang berlangsung 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa bagian Tunarungu (SMPLB B) N 1 Kotagajah. Pada siklus I, II dan III menggunakan alat peraga fisika pegas, slinki, tali, handphone, drumband, gitar, komputer, dan terompet.
Kata kunci: alat peraga fisika, getaran, gelombang, bunyi, tunarungu.
Full Text:
PDFReferences
Benny, A. Pribadi. 2009. Model-model Desain Sistem Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Dadan. Secret of Ancient Chinese Art of Motivation. http://ateec.Eiccd.Cd.Ia.Us/2000/themes/cthinfo.Html. ( Kamis, 24 April 2009, pukul 10.00)
Mohammad Efendi. 2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Bumi Aksara : Malang.
Muljono. 1994. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bumi Aksara : Malang.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE: Yogyakarta.
________ 2011. Rambu-Rambu Pelaksanaan PLPG. Depdiknas : Jakarta.
________ 2013. Permenneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, pasal 15. Kemendikbud : Jakarta.
Gega, Peter C. 1994. Concepts and Experiences Elementery School Science. Macmillan Publishing Campany : New York.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Slavin, Robert E. 1994. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT Indeks: Jakarta.
Sunaryo Kartadinata. 1996. Psikologi Anak Luar Biasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Yogyakarta.
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar mengajar di Sekolah. PT Rieneka Cipta : Jakarta.
Vygotsky, L. S. 1986. Thought and Language. MIT Press : Cambridge.
Refbacks
- There are currently no refbacks.