PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Basuki Cahyo Nusantoro, Wini Tarmini, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


The background problem of the research is the students’ difficulties in narrative composition writing. Narrative composition writing is one of boring activity and making confused. The objective of the research is to describe the increase of writing narrative composition ability by applying movie media at the fifth year students of SD N 1 Tanjung Anom 2011/2012. Based on the research result, learning activity of writing composition by applying the movie media in Cycle I showed that the students’ average score was 56.25. In Cycle 2, the students’ average score was 66.8 in a significant increase. In Cycle 3, the students’ average score was 67.68 in little increase.

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi. Menulis karangan narasi dirasakan sebagai suatu kegiatan yang membosankan dan membuat pusing kepala. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media film  pada siswa kelas V SD Negeri I Tanjung  Anom tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran mengarang dengan menggunakan media  film hasil tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas 56,25. Pada tindakan  siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan rata-rata kelas 66,8. Pada tindakan siklus III terjadi sedikit peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu 67,68

Kata kunci : media film, kemampuan menulis, karangan narasi

 


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, Chaedar, dkk. 2005. Pokoknya Menulis Bandung: Kiblat

Aqib, Zainal, 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Alumni

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Alumni

Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kosasih, E. 2004. Kompetensi Kebahasaan dan Kesusastraan Bandung: Irama Widya

Maizar, Karim. 1991. Penuntun Pengembangan Paragraf. Universitas Jambi.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurgiantoro Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE

Nursisto, 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta : Adi Cipta

Rohani, Ahmad.1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Sudiati, Vero, dkk. 2005. Deskripsi dan Narasi. Yogyakarta : Pustaka Widyatama

Sudjana, Nana. 1997. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta : FE UI

Suharna. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor : Yudhistira.

Suparno, dkk. 2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : UT

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Widyamartaya, 2000. Kreatif Mengarang. Yogyakarta : Yayasan Kanisius


Refbacks

  • There are currently no refbacks.