PERBEDAAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MOTOR BAKAR MENGGUNAKAN MEDIA DAN KEMAMPUAN AWAL

Momon Erik Frianto, Herpratiwi Herpratiwi, Tarkono Tarkono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  1) ada tidaknya interaksi antara pemanfaatan media model realia dan multimedia dengan tingkat kemampuan awal terhadap peningkatan pemahaman konsep motor bakar siswa. 2) perbedaan peningkatan pemahaman konsep motor bakar siswa pada pembelajaran yang memanfaatkan media model realia dan multimedia. 3) perbedaan peningkatan  pemahaman motor bakar siswa pada pembe­lajaran yang memanfaatkan media model realia dan multimedia pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 4) perbedaan peningkatan  pemahaman motor bakar siswa pada pembelajaran yang memanfaatkan media model realia dan  multimedia pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi.

This study aimed to determine: 1) Whether there is interaction between the utilization of realia media model and multimedia with entry behavior level towards students’ understanding increasing concept of motor fuel. 2) Differences students' understanding increasing concept of motor fuel on learning that utilizes realia media model and multimedia. 3) Differences students' understanding increasing concept of motor fuel on learning that utilizes realia media model and multimedia to the students who have low entry behavior. 4) Differences students' understanding increasing concept of motor fuel on learning that utilizes realia media model and multimedia to the students who have high entry behavior.

Kata kunci: motor bakar, media, kemampuan awal

 

 


Full Text:

PDF

References


Anderson & Co. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Heinich R., Molenda M., & Russel, J.D. 1996. Intructional and The New Technologies for Learning. New York : Prentice Hall Inc Company.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nana Sudjana. 2001. Penggunaan Media Pengajaran dalam PBM. Bandung: Sinar Baru.

Pramono, Gatot, 2007. Aplikasi Component Display Theory, Jakarta: Pustekkom.

Roblyer, M & Doering, A.H. 2010. Integrating Educational Techno-logy Into Teaching. Boston: Pearson.

Smaldino, N.C. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. New York: Pearson.

Undang-undang Sisdiknas. 2008. Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.