PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MODUL DAN E-LEARNING DENGAN KEMAMPUAN
Abstract
This research aims to investigate the following; 1) there is interaction between usage instructional media with student’s beginning competency in learning achievement of entrepreneurship course 2; 2) students’ average score in learning achievement of entrepreneurship course 2 between those who applied e learning media and those who applied modul; 3) students’ average score in learning achievement of entrepreneurship course 2 between those who applied e learning media and those who applied modul.This research used experiment method, the population of this research is student of MI1 and MI3 at AMIK DCC Bandar Lampung. This research concludes: first, there is interaction between the usage instructional media with the beginning competency of students’ achievement in learning entrepreneurship course 2. second, the average of students’ learning achievement of entrepreneurship course 2 the students that using instructional media e learning is higher than using modules.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan 2. 2) Rata-rata prestasi belajar kewirausahaan 2 antara mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran e-learning dengan modul. 3) Rata-rata prestasi belajar kewirausahaan 2 antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran e-learning dengan modul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, populasi adalah mahasiswa kelas MI1 dan MI3 perguruan tinggi DCC Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Adanya interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan 2. (2) Rata-rata prestasi belajar kewirausahaan 2 mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning lebih tinggi dibandingkan dengan modul.
Kata kunci : e-learning, modul, kewirausahaan 2
Â
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung; Alfabeta
Hannay (2011), E-learning:bagai gajah yang diraba orang buta, http://blogs.itb.ac.id/djadja/2011/08 /
Hartley E Darin (2001:75), Definisi dan komponen e-learning http://www.kampushendra.com/ber ita-119-definisi dan-komponen- elearning.html
Morrison dkk, 2001, Fungsi dan manfaat Media Pembelajaran http://uaksena.com/fungsi-dan- manfaat-media-pengajaran.html
Nasution, 2007, Media Pembelajaran, http://blog.tp.ac.id/keuntungan- dan-kelemahan-pembelajaran- dengan-modul
Nur dan Wikandari (2002:56), e- Prints Sriwijaya University, http://www.google.com/search?hl= en&source=hp q=Nur+dan+Wik andari
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Siregar, Eveline. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta
Sudjana. 2002. Metode Statistik. Tarsito. Bandung
Wijaya Cece. 2010. penegrtian modul. http://id.shvoong.com/social- sciences/education/2185905- pengertian-modul
Refbacks
- There are currently no refbacks.