PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN SEJARAH
Abstract
The purpose of this study is to analyze: (1) the Lesson Plan Design with Problem- Based Learning (PBL); (2) the learning process with PBL in improving the students’ critical thinking skill on history subject; (3) the evaluation system with PBL in improving the students’ critical thinking skill on history subject, (4) the improvement of the students’ critical thinking skill on history subject. The research method used is Classroom Action Research, implemented with three cycles: individual PBL in the first cycle, big group PBL in the second one, and small group PBL in the third one. The data collecting techniques are observation and test. The data is analyzed through Classroom Action Research.
Kata kunci: berpikir kritis, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Mohammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima. Bandung. Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Depdiknas. 2003. Konsep Dasar Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.
Dikdasmen. Jakarta.
-----------------. 2007. Belajar dan Berkarya Suatu Tinjauan Psikologi untuk Pengelolaan Program Akselerasi. Dikdasmen. Jakarta.
----------------- 2008. Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, SMP, SMA Suatu Model Pelayanan Pendidikan Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan Dan Bakat Istimewa. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
-----------------. 2008. Pengembangan Pembelajaran, Buku Suplemen Manajemen
Pembelajaran CI/BI. Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Jakarta. DPR RI. 2005. Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI. 14 Th 2005). Sinar Grafika. Jakarta.
Ekowati, Endang dan Widarwati. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Makalah disampaikan pada: Diklat Sejarah SMA Jenjang Dasar Tanggal 4 s.d. 17 Juli 2007 di PPPPTK Pkn dan IPS Malang. Malang.
Eggen, Paul. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir. Indeks. Jakarta.
Harmanto, Gatot. 2008. Sejarah Bilingual Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1 dan 2. Yrama Widya. Bandung.
Hakim, Thursan. 2008. Belajar Secara Efektif. Rineka Cipta. Jakarta.
Hopkins, 1993. Teachers Guide to Classroom Reseach. Open University Press.Bristol. PA.
Kartodirdjo, Sartono. 1994. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.
Liliasari. 2002. Prasangka dan konflik; Komunikasi lintas Budaya Masyarakat Multikultural. LKIS. Yogyakarta.
Meurah, Cut Wangsa Jaya dan Yuli Katarina. 2002. Sejarah Untuk SMA Kelas X. Phibetha Aneka Gama. Jakarta.
Nasution. 2005. Pengembangan Kurikulum. Citra Aditya Bakti. Bandung. Notosusanto, Nugroho. 1979. Pengantar Sejarah Indonesia. PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.
Nur, M. dan Wikandari, P.R. 2000. Pembelajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. PSMS Program Pascasarjana Unesa. Surabaya.
Nur, M. 2002. Psikologi Pendidikan : Fondasi untuk Pengajaran. PSMS Program Pascasarjana Unesa. Surabaya.
Pakpahan, Rogers. 2009. Penilaian Sejarah SMA. Puspendik Balitbang Depdiknas. Jakarta.
Pargito. 2009. Bahan Ajar Metodologi Penelitian. PPS Pendidikan IPS Universitas Lampung.
Riduan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Rofiq, M. Aunur dan Zainuri. 2010. Pengembangan Model Silabus. Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Guru Sejarah SMA Jenjang Lanjut Tanggal 10 s.d. 23 Maret 2010 di PPPPTK PKn dan IPS Malang.
Rofiq, M. Aunur dan Zainuri. 2007. Penyusunan Silabus. Makalah disampaikan pada: Diklat Sejarah SMA Jenjang Dasar Tanggal 4 s.d. 17 Juli 2007 di PPPPTK PKn dan IPS Malang.
Sagala, Syaeful. 2010. Konsep dan makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung. Sardiman, AM. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sapriya. 2009. Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Slavin. 1994. Educational Psichology Theory and Practise. Fourth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara. Jakarta. Sudjana. 2001. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Suriasumantri, Jujun S. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Sukmadinata, Nana Syaodah. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Yayasan Kesuma. Bandung.
Tim Puspendik. 2008. Tes Tertulis. Puspendik Balitbang Depdiknas. Jakarta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Pranada Media Group. Jakarta.
Wardiyatmiko, K. 2006. Sejarah Untuk SMA Kelas X. Erlangga. Jakarta. Widarwati. 2010. Pengembangan Metode Pembelajaran. Makalah disampaikan pada: Pendidikan dan Pelatihan Guru Sejarah SMA Jenjang Lanjut Tanggal
s.d. 23 Maret 2010 di PPPPTK PKn dan IPS Malang Jawa Timur.
Widja. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Debdikbud. Jakarta.
Zulaiha, Rahmah. 2008. Analisis Soal Secara Manual. Puspendik Balitbang Depdiknas. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. PeraturanPemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.