PEMANFAATAN MEDIA MANIPULATIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Sri Hapsari Susilawati, Dwi Yulianti, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


This research aimed to analyze: (1) Learning planning design through manipulative media with using Realistic Mathematics Approach (RMA) (2) Learning activity with manipulative media through RMA (3) Learning evaluation system through realistic mathematics approach with using manipulative media (4) Improving students’ learning result after using manipulative media through realistic mathematics approach.Method was used Classroom Action Research with research subject that is students in 4A and 4B class at Sekolah Dasar Negeri 1 Sepang Jaya 2009/2010 which consist of 60 students, through three cycles.

Kata kunci : aktivitas belajar, PMR, media manipulatif,  hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin Makmun. 2007. Psikologi Pendidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Aisyah Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Bahan ajar cetak. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi revisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Asmin. 2003. Implementasi Pendidikan Matematika Realistik dan kendala yang dihadapi. http.www.depdiknas.go.id. jurnal / 44 / Asmin.

Baharuddin, dkk. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Darhim, dkk. 2003. Pendidikan Matematika 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasioanal. 2007. Permendiknas N0.41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses . Jakarta : Depdiknas.

Direktorat Pembinaan TK/SD. 2007. Buku Petunjuk Pembuatan Alat Peraga Alternatif MEQIP. Jakarta : Direktorat Pembinaan TK/SD.http://pusdiklatwas.bpkb.go.id/artikel/namafile/76/Assure_sebagai_sebuah_model_Desain_Pembelajaran.pdf (diakses Rabu, 23 Januari 2012 pk.17.00 wib)

Hamalik, Oemar. 2007. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar.Bandung: Tarsito.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Hasyim Adelina. 2012. Panduan Penulisan Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Heinich, R., Molendra and Russel, J.D. 1996. Intructional Media and The New Technologies of Intruction. New York: John Wiley and Sons.

Juhri. 2003. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dasar (Survei Di Kota Metro) Disertasi tidak dipublikasikan.

Kasim dkk. 2006. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik .Makalah Disajikan Pada Lomba Temu Giat Widyaiswara Matematika se Indones Jakarta : PMPPTK.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Mansur dan Rasyid, H. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: CV. Wacana Prima.

Marpaung, Y. 2006. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Bagi Widyaiswara Matematika se Indonesia di P4TK Yogyakarta tanggal 27-28 Maret 2006.

Miarso Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Muhsetyo. 2007. Modul Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

M. Khafid Kasri. 2008. Matematika Aktif Untuk SD jilid 4. Jakarta : Erlangga.

Robert Gagne. 1957. Essential of Learning the Instruction. USA : the Dryden Press.

Sardiman AM. 2006. Media Pembelajaran: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2001. Penilaiain Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rusda Karya.

Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman, Atwi. 2001. Desain Instruksional. Depdiknas.

Suryanto. 2007. Evaluasi Pada Pendekatan Matematika Realistik, Materi Workshop Widyaiswara Matematika LPMP Se-Indonesia. Yogyakarta P4TK Matematika.

Sutarto Hadi. 2003. Perencanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik. Banjarmasin : UNLAM.

Sutiarso Sugeng dkk. 2005. Pemanfaatan Media Visual Pada Pendekatan Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika SD (Laporan Penelitian) http://h4mm4d.wordpress.com/2009/02/27/pendidikan-matematika-realistik-indonesia-pmri-indonesia/

Tim PPPG Matematika, 2004. Penggunaan dan Pembuatan Alat Peraga Sederhana. Yogyakarta : PPPG Matematika.

Walle. Jhon A Van De. 2008 Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Walte Dick and Robert A. Raiser. 1998. Planning Effective Instruction. Bolton : Allyn and Bacon.

Winataputra, Udin. S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Y. Mozez Legi. 2007. Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Kelas IV SD Melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Konsep Pecahan Dan Konsep Pecahan Senilai. http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/899., Diakses 25 Desember 2009 Pukul 10.00

Zulkardi. 2007. Beberapa Catatan KTSP dan PMRI.Makalah Work Shop PMRI. Yogyakarta : PPPG Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.