EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM DIPLOMA III KEPERAWATAN

Isramiharti Isramiharti, Adelina Hasyim, Ngadimun Ngadimun

Abstract


This study aimed to gain insight how well the implementation of the Diploma Nursing Program curriculum competency-based program planning in curriculum development, implementation of learning, and the achievement of competence in the learning outcomes of students of Department of Nursing Polytechnic Tanjungkarang Ministry of Health.The study used a research evaluation of the Goal Oriented Evaluation Model or research-oriented goals. Subjects in this study included all nursing lecturer totaling 42 people. The variables of this research is the development of curriculum planning, implementation of learning, competence and student achievement. Methods for collecting data using questionnaires, observation, and documentation. Data were analyzed by descriptive quantitative research.

Kata kunci: evaluasi,  tujuan, kurikulum, kompetensi, keperawatan


Full Text:

PDF

References


Amri, S., dan Ahmadi, I.K., 2010, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme Dan Praktik Kurikulum.Prestasi Pustaka, Jakarta. 242 hal,

Arikunto, S dan Jabar CSA. 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Sinar Grafika Offset. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Dakir, H., 2004, Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum, penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 177 hal

Emzir, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Rajawali Pers, Jakarta, Hal. 316

Fathurrohman, P & Sutikno, MS. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Cetakan kedua. PT Refika Aditama. Bandung Gredler, M, E. 1996. Program Evaluation. University of South California.

Hamalik, O., 2009, Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta, hal 185

Hastono, S.P., 2001, Analisis data, FKM Universitas Indonesia, Depok, Hal 219

Hidayat.,A.A., 2009, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data, Salemba Medika, Jakarta, hal. 207.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi

Kerlinger, F.N., 2006, Asas-Asas Penelitian Behavioral, Gajah Mada University Press, Yogyakarta; hal. 1166.

Kesehatan, M., 2004, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Jenjang Pendidikan Tinggi Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Jakarta., 38 hal

Kesehatan, M., 2006, Kurikulum Pendidikan D-III Keperawatan , Depaartemen Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Jakarta,83 hal

Kunaefi, T.D., 2008, Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah alternatif penyusunan kurikulum), Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Kwartolo, Yuli. 2009. Sembilan Peristiwa Belajar Gagne, sebuah pendekatan pembelajaran, Tabloid Penabur Jakarta, No 25 tahun VII, edisi Maret-April 2009. Jakarta

Miles, Matthhew B dan A. Michael Huberma. 1992. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, E, 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Narbuko, Ccholid, 2008, Metodologi Penelitian, PT. Bumi Aksara, Jakarta, hal. 206

Prawiradilaga, Salma Dewi. 2007. Prinsip Disain Pembelajaran. Cetakan Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Prawiradilaga & Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Cetakan kedua. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Rusman, 2011, Manajemen Kurikulum, PT Raja Grafindo Persada, Jakrta, Hal 591.

Sudijono, A., 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sudjana, N., 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung. 168 hal.

Sudjana, Nana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudjana, N. dan Ibrahim, R. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan,Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukardi, MS. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya, Bumi Aksara 2008, hal 62-64 Jakarta

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi danPraktiknya). Jakarta: Bumi Aksara

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, 2011, Kurikulum da Pembelajaran, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta, hal. 135.

Tirtayasa, https://sites.google.com/site/tirtayasa/kawasan-teknologi-pembelajaran/ evaluasi-kurikulum-berbasis-kompetensi-dalam-kaitannya-dengan-peningkatan-mutu-lulusan-pendidikan, diambil 2 Februari 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Tambahan Lembar Negara Republik Indonesia Nomor Nomor 78 Tahun 2003. 36 hlm.

----------htps://doc-14-94-docsviewer.googleusercontent.com/viewer/ securedownload/ dsn1aovipa7l846lsfcf94nedj8q2p4u/ cvu05sdmhsdj3nsp35pie4o2240fbeq3/ 1329237000000/Ymw=/AGZ, 14-04-2012, 23:38 WIB

----------http://www.statsoft.com/textbook/reliability-and-item-analysis/14-04-2012, 23:50 WIB

WordPress. 2008. Seleksi Bahan dan Media Pembelajaran. http://safegoreti.wordpress.com/2008/10/03/perencanaan-pembelajaran/.

Santoso, S. 2009 http://library.um.ac.id/free-contents/new-karyailmiah/search.php/+1.php


Refbacks

  • There are currently no refbacks.