PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN TEBAK KATA

Emi Sulasmi, Adelina Hasyim, Syarifuddin Dahlan

Abstract


The research aims to analyze: (1) diffrerence student’s motivation before and after being given group guidance service, (2) diffrerence student’s motivation before and after being given word games crush in group guidance service, and (3) diffrerence student’s motivation being given group guidance an word games crush in group guidance service. The population ini this research were students of class VII, while sample of research were students of class  VII A dan VII D. From the research it can be conclude (1) there is difference of student’s motivation before and after after being given group guidance service. (2) There is difference of student’s motivation before and after after being given word games crush in group guidance service. 3) There is difference of student’s motivation being given group guidance service and being given word games crush in group guidance service.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) perbedaan motivasi siswa sebelum dan sesudah  layanan bimbingan kelompok. (2) perbedaan motivasi siswa sebelum dan sesudah  layanan bimbingan kelompok dengan permainan tebak kata dan (3) perbedaan motivasi siswa yang diberi layanan bimbingan kelompok dan siswa yang diberi layanan bimbingan kelompok dengan permainan tebak kata. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Natar  Lampung Selatan tahun pelajaran 2012/2013.Populasi penelitian ini adalah kelas VII, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan Kelas VII D. Hasil penelitian disimpulkan (1) Ada perbedaan motivasi siswa sebelum dan  setelah diberi layanan bimbingan kelompok. (2) ada perbedaan motivasi siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan permainan tebak kata. (3) ada perbedaan motivasi siswa yang diberi layanan kelompok dengan siswa yang diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan permainan tebak kata.

Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, permainan tebak kata, motivasi

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta 2006.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta. 2005. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, Saifuddin. 2009. Sikap Manusia, Teori, dan Pengukurannya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2006. Metodelogi Penelitian Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.

MGBK Jawa Barat, 2008. Bimbingan Konseling di Sekolah. Bandung:UPI.

Dimyati, dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cpta

Gibson, Robert L, 2011, Bimbingan Konseling, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hartinah, Siti, 2009, Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama

Hikmawati, Fenti, 2011. Bimbingan Konseling, Edisi Revisi 2, Jakarta; PT. Raja Grafindo Press.

Huda, Miftahul, 2011, Cooperatif Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kumalanty, Lisa. 2009. Bimbingan Kelompok Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa (Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas 8 SMP Kristen 3 PENABUR, Jakarta). (Tesis). UPI. (http://repository.upi.edu/tesisview.p hp, diakses 15 juni 2012 pukul 14.00 WIB)

Lubis, Namora Lumongga, 1997.Memahami dasar-dasar Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Makmun, Abin Syamsuddin, 2007, Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martini, Nina Ariyani. 2010. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: UT.

Maufur, Hasan Fauzi, 2009. Sejuta Jurus Mengajar Mengasikkan, Semarang: PT. Sindur Prss.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2009. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT. Grafika Aditama

Prawiradilaga, Dewi Salam, 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Kopnseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Balai Aksara .

Layanan Informasi (Seri Layanan Konseling). Padang : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang .

Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok (Seri Layanan Konseling). Padang : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok.Malang: Universitas Negeri Malang.

Sagala, H. Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Sardiman. A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2004.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali

Sudarmanto, R. Gunawan, Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS, Jakarta: Graha Ilmu

Seniati, L., Yulianto, A., dan Setiadi, B.N. 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta : Indeks

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, Dewa Ketut. 2008.Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Syariffauzan. 2011. Model Pembelajaran Kata. http://syariffauzan.blogspot.com. (Diakses 15 Maret 2012)

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Sinar Grafika

Usman, H dan Purnomo S.A. 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2010. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.