PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Safri Safri, Dwi Yulianti, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The objective of this research was to improve process of physic learning by using STAD type cooperative learning by means of: (1) designing lesson plan, (2) analyzing lesson conduct, (3) analyzing learning evaluation, (4) analyzing student’s physic learning achievement improvement.This was class action research with 3 cycles. Each cycle used STAD type cooperative learning with experiments, group discussions, composing reports, presentations, and tests. Subjects were students of Grade X in Mulyakencana State Islamic School, in Tulang Bawang Barat regency. Data were collected with observation sheets and tests. Data were analyzed descriptively and quantitatively.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran fisika menggunakan kooperatif tipe STAD dengan cara: (1) mendesain perencanaan pembelajaran. (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran. (3) menganalisis evaluasi pembelajaran. (4) menganalisis peningkatan  prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian  tindakan kelas dengan 3 siklus. Setiap siklus menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan percobaan, diskusi kelompok, menyusun laporan, presentasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MAN Mulyakencana Tulang Bawang Barat. Pengumpulan data dengan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Kata kunci: kooperatif STAD, aktivitas, dan prestasi belajar fisika


Full Text:

PDF

References


Depertemen Pendidikan Nasional. 2007 Undang-undang Sikdiknas. Jakarta: Balitbang.

Hasan, Hamid. 2008. Evaluasi Pengembangan KTSP suatu BagianKonseptual. Bandung. UPI

Gagne Robert M.1992. Essential oflearning for instruction. terjemahanAbdillah Hanafi dan Abdul Manan. Surabaya: usaha Nasional.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya :University Press.

Kurukulum 2006, Pengembangan Silabus dan Penilaian Fisika, Depdiknas

Lie, A. 2007 Coopertaive Learning ( mempraktekan Coopertaive Learning di ruang-ruang kelas). Jakarta: Gramedia Sarana Indonesia.

Mendiknas. 2007 Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 20 Tahun 2007 tentang standar penilain pendidikan.

Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Pribadi, Beny A, 2009 Model-model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ

Slavin R 2005 Cooperative earning. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.