PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN

Ambyah Harjanto, Budi Koestoro, Caswita Caswita

Abstract


The aim of this study was to describe: (1) the interaction between cooperative model learning and achievement motivation towards mathematics achievement, (2) the differences between students mathematics achievement who learned through Cooperative Learning Type GI and STAD, (3) the differences between students mathematics achievement who learned through cooperative Learning Model Type GI and STAD on students with high achievement motivation, (4) the differences between students mathematics achievement who learned through cooperative Learning Model Type GI and STAD on students with low achievement motivation. The conclusions of this study were: (1) there is an interaction between cooperative learning model and achievement motivation towards students mathematics achievement; (2) the cooperative learning model of GI type give lower mathematics achievement than cooperative learning model of STAD type; (3) on students with higher achievement motivation, the cooperative learning model of GI type gives mathematics achievement is higher than STAD type.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: 1) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motif berprestasi siswa dengan prestasi belajar matematika, 2) perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD, 3) perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD pada kelompok siswa dengan motif berprestasi tinggi, 4) perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD pada kelompok siswa dengan motif berprestasi rendah. Kesimpulan penelitian adalah : (1) ada interaksi antara pembelajaran kooperatif dan motif berprestasi dengan prestasi belajar matematika; (2) prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih rendah atau sama dengan STAD; (3) pada siswa dengan motif berprestasi tinggi prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, motif berprestasi, prestasi belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Anni, C.T. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Semarang Press.

Arends, Richard I. 2008 Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua. (Penterjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Clelland Mc., D. C. 1985. Human Motivation. Illinois : Scott, Foresman & Company.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

_________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.

_________. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni, H.. 2009. Cooperatif Lerning. Bandung: Alfabeta

_______. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, 2006. Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2006. Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W.. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Siregar, E. dan Hartini Nara, 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, E. Robert. 2010. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa media.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka,.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI

Winaputra, U.S. 2001. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.