PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ORANG TUA USIA 4-5 TAHUN

Heni Herawati, Herpratiwi Herpratiwi, Yusmansyah Yusmansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kondisi bahan ajar saat ini. 2) menghasilkan modul pengembangan kemampuan kognitif anak usia 4 – 5 tahun. 3) menganalisa efektifitas bahan ajar modul kemampuan kognitif anak untuk orang tua usia 4-5 tahun. 4) menganalisa kemenarikan bahan ajar modul pengembangan kemampuan kognitif anak untuk orang tua  5) menganalisa efisiensi bahan ajar modul pengembangan kemampuan kognitif anak untuk orang tua

The purposes of this research are : 1) producing parents module for cognitifability development children age 4-5 year old, 2) knowing differences of children cognitive ability which use and do not use development cognitif abiling module, 3) analyzing teaching source eficience of cognitive ability development module for children age 4-5 years old for their parents, 4) analyzing interested cognitive ability development module childrent age 4-5 years old for their parents.

Kata kunci : kemampuan kognitif, pengembangan modul, orang tua


Full Text:

PDF

References


Abadi Prayitno, Amelia Piliang. 2009. Yuk, Bermain Sains Bersama Ayah dan Ibu. Jakarta. Dian Rakyat.

Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosdakarya.

__________ .2002. “Memetakan Kembali Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Anak Dini Usia”. Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia.

Auerbach, S. 2004. Social Cognitive theory, Annual Refiew of Psycology. Palo Alto, Annual Reviews

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational research. an introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.

Brown, H. Douglas. (2000). Principles of language learning and teaching. Englewood Cliffs, NJ.: Prentice Hall Regents

Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

CHA, Wahyudi dan Damayanti, Dwi Ratna. 2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Grasindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, Penilaian, Pembuatan dan Penggunaan Sarana (Alat Peraga) di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Dick, W. & Carey, L. 2005. The systematic design of instruction (6th ed.). Boston: Pearson.

Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Dick, W. & Carey, L. 2006. The systematic design of instruction (6thed.). Boston: Pearson.

John W Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan Educational Psychology, Edisi 3 Buku 1, terj. Diana Angelica. Jakarta, Salemba Humanika.

______. 2009. Psikologi Pendidikan Educational Psychology, Edisi 3 Buku 2, terj. Diana Angelica. Jakarta, Salemba Humanika.

______. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1 dan 2, terj. Mila dan Anna. Jakarta, Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.