PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY
Abstract
The purposes of this research were describe: (1) the preparation of lesson study planner (2) the implementation of lesson study (3) the evaluation of lesson study.This research used school research at SMA N 2 Metro with subject of research were 4 teacher model.The collection of data was using an instrument of pedagogical competence.Conclusion of the research was there is an increasing in assessment scores, score for every cycle are : (1) lesson study planning are respectively 46, 83 and 93 (2) implementation of lesson increasing study are respectively 50, 79 and 93 (3) evaluation of lesson study for every cycle are respectively 55, 90 and 95. The increasing of teachers model pedagogical competence scores in the first cycle, second cycle and third cycle: teacher model 1: 50.2, 71.7 and 89.4, teachers model 2: 46.2, 74 and 92.7, teachers model 3: 51.4, 74 and 89.7, teacher model 4: 48.7, 74 and 91.
Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan: (1) penyusunan perencana lesson study (2) pelaksanaan lesson study (3) evaluasi lesson study. Penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah di SMA Negeri 2 Metro dengan subyek 4 guru model. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kompetensi pedagogik. Kesimpulan penelitian adalah adanya peningkatan skor observasi siklus I, II dan III untuk : (1) penyusunan perencana lesson study berturut-turut 46, 83 dan 93 (2) pelaksanaan lesson study berturut-turut: 50, 79 dan 93 (3) evaluasi lesson study berturut-turut: 55, 90 dan 95.Peningkatan skor kompetensi pedagogik guru model pada siklus I, siklus II dan siklus III : guru model 1: 50,2, 71.7 dan 89.4, guru model 2: 46.2, 74 dan 92.7, guru model 3: 51.4, 74 dan 89.7, guru model 4: 48.7, 74 dan 91.
Kata kunci: lesson study, kompetensi pedagogik, dan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
International Devolepment Center of Japan (IDCJ).2012. Panduan Untuk Peningkatan Proses Belajar Mengajar. Bandung : UPI Pers
International Devolepment Center of Japan (IDCJ) 2012.Panduan Untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbais Sekolah. Bandung : UPI Pers
Kustoro, B. 2013. Pusat Sumber Belajar Ditinjau Dari Paradigma Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung : AURA
Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. 2011. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16/2009 tentang Jabatan fungsional Guru dan Angka Kreditnya.Jakarta : Kemendiknas Pendidikan Nasional
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republuk Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pedidikan Dan Kebudayaan No. 104 tahun 2014 tentang beberapa pedoman yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA
Pemerintah Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Kemendiknas
Refbacks
- There are currently no refbacks.