PERANAN GURU IPS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
This research aimed to examine the role of social studies teachers in the character formation of students as well as factors that affect the teacher's role in shaping the character of students. The method used was qualitative with phenomenological approach. The research showed the role of social studies teachers as educators was realized by directing talents and abilities of learners, being responsible and realizing authority. IPS teachers as teacher was realized by planning and implementing learning. IPS teachers as role model is embodied in exemplary performances, social, and environmental stewardship. IPS teacher as trainer was realized by building awareness of learners, do characters that are taught together with teachers and learners.
Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru IPS dalam pembentukan karakter peserta didik serta faktor yang mempengaruhi peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menyatakan peran guru IPS sebagai pendidik diwujudkan dengan mengarahkan bakat dan kemampuan peserta didik, bertanggung jawab dan mewujudkan kewibawaan. Guru IPS sebagai pengajar diwujudkan dengan merencanakan serta melaksanakan pembelajaran. Guru IPS sebagai teladan diwujudkan dalam keteladanan penampilan, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Guru IPS sebagai pelatih diwujudkan dengan membangun kesadaran peserta didik, melakukan karakter yang diajarkan bersama guru dan peserta didik.
Kata kunci: guru ips, pembentukan karakter, peran guru
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Muzzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
Dewantara, Ki Hajar. 1977. Karya Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Fakih, Ilman. 2012. Peran Pendidikan IPS dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Pembinaan Perilaku Sosial Siswa SMP di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak-Banten. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.
Furqon. 1997. Statistik Terapan untun Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Mulyasa, Enco. 2008. Menjadi Guru profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moeloeng, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratu. 2011. Guru IPS dan Evaluasi. (Online). http://ratusilumanular.blogspot.com. Diakses Tanggal 28 Maret 2013.
Sapriya. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudarno. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang keperawatan. Nuha Karya: Yogyakarta.
Sudjarwo. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial dalam Pendidikan, Mandar Maju: Bandung.
Sukmadinata, Nana Syaodih.2007. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Bumi Aksara.
Suprayogo, Imam. Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Surahmad, Winarno. 1988. Cara Pembuatan Paper, Skripsi, Tesis, Disertasi. Tarsito: Bandung.
Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Toro, Arisman. 2008. Tinjauan Berbagai Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Zainu, MJ. 1997. Petunjuk Praktis bagi Pendidik Muslim.Solo: Pustaka Istiqomah.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i3.9932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia