PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN PKn

Tutut Zatmiko, Darsono Darsono, Irawan Suntoro

Abstract


This research aimed to improve the lesson plan, the implementation of learning, the students critical thinking skills, and students' understanding of civics through social PBL models. This research was a classroom action research by using three cycles. The subject of research were students in grade X MIA 1 and X MIA 2. The data were collected by observation and tests and analyzed by descriptive analysis. The result of research: 1) the students instructional design was in accordance with the results of the analysis of the needs of the poor critical thinking skills and students understanding of civics, 2) the activity of students in the learning process were the teachers guide students to analyze and evaluate the process of solving the problem, 3) the ability of critical thinking of students was increased in each cycle, and 4) students' understanding of civics has also increased each cycle.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan pembelajaran, meningkatkan pelaksanaan pembelajaran, meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dan meningkatkan pemahaman PKn siswa melalui model PBM sosial. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Pengumpulan data melalui observasi dan tes serta dianalisis secara deskriptif analisis. Hasil penelitian: 1) desain pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman PKn siswa, 2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah guru membimbing siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 3) kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, dan 4) pemahaman siswa tentang PKn juga meningkat setiap siklusnya.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pbm sosial, pkn


Full Text:

PDF

References


Darmadi. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Giyarto. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VII. A SMP Bina Utama Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. FKIP Universitas Lampung. Tidak Diterbitkan.

Jumroh. 2003. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Jakarta: Terjemahan. Munansir.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sapriya. 2008. Pendidikan IPS. Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Sudjana. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i3.9863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia