MODEL THINK TALK AND WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

Septi Andria, Pargito Pargito, Irawan Suntoro

Abstract


This research aimed to increase the creative thinking skill of student by using models of think talk and write in learning process of PPKn. The research used a classroom action research that conducted in three cycles. The data collection used observation sheet and tests of creative thinking. The data analysis of research used descriptive analysis. The result of research: (1) the learning models of Think Talk and Write can increase creative thinking skill of students, (2) the learning process which used models of think talk and write was implemented with thinking a learning stage, discussing, reporting and presenting.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model think talk and write pada pembelajaran PPKn. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes berpikir kreatif. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian: (1) model pembelajaran think talk and write dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, (2) pembelajaran menggunakan model think talk and write dilaksanakan dengan tahap pembelajaran berpikir, diskusi, melaporkan kembali dan mempresentasikan.

Kata kunci: berpikir kreatif, think talk and write, ptk


Full Text:

PDF

References


Beetlestone, Florence. 2012. Creative Learning. Bandung: Nusamedia.

Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Kemmis, Stephen and Robin McTaggart. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdiknas dan Rineka Cipta.

Nisah Ayu Siregar. 2012. Tesis Pengembangan Modul untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan melalui Strategi Pembelajaran Think Talk and Write (TTW) SMP. Universitas Negeri Medan. Tidak Diterbitkan.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.

Satiadarma, Monthy P dan Fidelis E. Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Obor.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i2.9858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia