KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

Sunardi Sunardi, Sudjarwo Sudjarwo, Sumadi Sumadi

Abstract


The goal of the research was to discover the pedagogic competence of geography teachers. The method that used was phenomenological qualitative descriptive. The result of the research showed that the geography teachers comprehension on the educational insight and foundation at SMAN 1, 2 and 3 were in good criteria, on students understanding at SMAN 1, 2 and 3 were in good criteria, on learning plan at SMAN 1, 2 and 3 were in good criteria, on educated and dialogic learning implementation at SMAN 1, 2 and 3 were in passable criteria, on learning technology utilization at SMAN 1, 2 were in passable criteria, while at SMAN 3 were in deficient criteria, on studying result evaluation at SMAN 1 and 2 were in passable criteria, while at SMAN 3 were in deficient criteria, on students improvement toactualize their potencies at SMAN 1, 2 and 3 were in good criteria.

Tujuan penelitian untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru geografi. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan guru geografi pada pemahaman wawasan dan landasan kependidikan di SMAN 1, 2 dan 3 kriteria baik, pada pemahaman terhadap peserta didik di SMAN 1, 2 dan 3 kriteria baik, pada perancangan pembelajaran di SMAN 1, 2 dan 3 kriteria baik, pada pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis di SMAN 1, 2 dan 3 kriteria cukup baik, pada pemanfaatan teknologi pembelajaran di SMAN 1 dan 2 kriteria cukup baik, sedangkan di SMAN 3 kriteria kurang baik, pada evaluasi hasil belajar di SMAN 1 dan 2 kriteria cukup baik sedangkan di SMAN 3 kriteria kurang baik, pada pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya di SMAN 1, 2 dan 3 kriteria baik.

Kata kunci: guru geografi, kompetensi pedagogik,kota bandar lampung


Full Text:

PDF

References


Alip, Moch. 2003. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Tenaga Keguruan Untuk Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Multi Kasus Pada Universitas Merapi, Sindoro dan Merbabu. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Bogdan, R.C., & Taylor. 1975. Qualitative Research. Allyn and Bocan, Needham Height, MA.

Depdiknas. 2008. Permendikans No.16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Mantja, W. 2005. Etnografi, Disain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.

Miles,M,B., & Huberman,A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Alih Bahasa Rohidi.Tj.R. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Refisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Rusman. 2013. Seri Manajemnen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumadi. 2005. Implementasi Manajemen Sistem Informasi Administrasi Akademik Online: Studi Kasus di Universitas Lampung. Proposal Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i1.9128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia