IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN KERJASAMA

Gusnetty Jayasinga, Darsono Darsono, Pujiati Pujiati

Abstract


This research was aimed to describe and to investigate: (1) the implementation of cooperative learning model of time token Arends in improving communication skill and cooperation of students; (2) the effectiveness of a model of cooperative learning time token Arends to increase communication skill and cooperation of students. The research design applied Class Action Research consisted of three cycles with 2 meetings for each cycle. Data collection technique in this research was observation sheet. The collected data were then analyzed comparative descriptive statistical technique. The results of this research were (1) an increase in communication skills and cooperation of students in each cycle by using a model of cooperative learning time token Arends. (2) Entrepreneurship learning using cooperative learning time token Arends can effectively improve communication skill and cooperation of students.

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan implementasi model cooperative learning time token Arends dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan kerjasama siswa; (2) mengetahui efektivitas model cooperative learning time token Arends dalam pembelajaran Kewirausahaan terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi dan kerjasama siswa. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan keterampilan berkomunikasi dan kerjasama siswa di tiap siklus dengan menggunakan model cooperative learning time token Arends. (2) pembelajaran Kewirausahaan menggunakan cooperative learning time token Arends efektif dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan kerjasama siswa.

Kata kunci: cooperative learning, kerjasama, keterampilan berkomunikasi, kewirausahaan, time token arends


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard, I. 2008. Learning to Teach. Terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafie. 2011. Edisi Revisi: Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, Elaine. B. 2007. Contextual Teaching and Learning: what it is and why its here to stay. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan bagi Guru dan Dosen. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learing: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, M. S. 2005. Pembelajaran Efektif: Apa dan Bagaimana Mengupayakannya? Mataram: NTP Press.

Tasrif. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Sosial. Yogyakarta: Genta Press.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya,. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i1.8833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia